9D8N Explore the Country-side of Japan : Itinerary and Costs Applied!



Indonesia

Kalo rute perjalanan selama di Jepang cuma yang itu-itu aja, gimana kalo itinerary-nya dibikin lebih unik lagi : kita akan menelusuri PEDESAAN di Jepang saat musim gugur! Nah, kali ini saya membagikan itinerary beserta tips & tricks buat kamu yang ingin melakukan traveling ke Jepang! Kira-kira kota apa aja yang akan dikunjungi ya?

***

Kenapa saya tulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris? Karena ada beberapa permintaan dari teman-teman di negara lain yang juga penasaran sama itinerary yang kita bikin. Mumpung saya lagi terlalu rajin buat di-translate kali yak. πŸ˜€

Menurut survei, sebanyak 70% orang Indonesia ingin mengunjungi Jepang saat mereka masih kecil. Hal ini dikarenakan pengaruh komik-komik Jepang dan anime yang sering disiarkan di stasiun televisi.

Uniknya lagi, sekitar 60% traveler Indonesia hanya mengunjungi tempat yang itu-itu aja saat di Jepang. Dengan rute Tokyo-Kyoto-Osaka rasanya sudah terlalu mainstream. Buat yang lebih memilih alam ketimbang city view, bisa juga mengunjungi Fujikawaguchi-ko dan Shirakawa-go.

Kota-kota di atas bisa dibilang destinasi mainstream dan sudah banyak wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut. Untuk itu, kita membuat itinerary yang sangat berbeda dari biasanya. Nuansa alam dan jauh dari keramaian merupakan tujuan kita.

Nah, sebelum saya jelaskan lebih detail, saya tampilkan dulu itinerary-nya ya!

 

“Musim gugur di kota Hakone”

 

[Baca juga : Apply Visa Jepang Gampang Banget! Ini Dia Cara Mudah Apply Visa Negeri Sakura!]

 

Itinerary Jakarta – Japan

Dengan trip bertema Autumnal Odyssey in Japan, kita menelusuri pedesaan di Jepang saat musim gugur di bulan September selama 9 hari 8 malam. Kota-kota yang kita kunjungi yaitu : Hakone, Fujikawaguchi-ko, Hirayu Onsen, Shirakawa-go, Nagano, dan Sapporo.

What?! Gak salah bikin itinerary tuh?! Engga kok, karena tujuan kita mengunjungi pedesaan dan ke tempat yang masih jarang dikunjungi. Jaraknya memang jauh-jauh, saking jauhnya kita mengunjungi utaranya Jepang yaitu kota Sapporo, Hokkaido!

 

 

Total biaya (IDR) :

  • Dengan JR Pass : Rp9.413.350,- + Rp3.800.000,- (harga JR Pass) = Rp 13.213.350,-
  • Tanpa JR Pass : Rp 20.873.500,-

 

Note :

  • JPY 1 = Rp135,-.
  • Biaya (dalam IDR) sudah dilakukan saat sebelum berangkat ke Jepang, dengan booking melalui website.
  • Biaya tidak termasuk oleh-oleh dan pengeluaran tidak terduga.

 

Ada Kesulitan Bikin Itinerary Ini?

 

“Hakone Shrine yang sangat terkenal dan dekat dengan danau”

 

“Chureito Pagoda, Fujikawaguchi-ko. View-nya keren banget!”

 

Pas awal-awal bikin itinerary, kita dikagetkan dengan harga transportasi di Jepang yang SUPER MUAHALLL! Akhirnya saya tau kenapa open trip Jepang milih rute yang itu-itu aja (Tokyo-Kyoto-Osaka), karena apapun di Jepang akan sangat mahal dan serba tepat waktu.

Tapi tenang aja kok, teknologi di Jepang sudah sangat maju dan mereka bakalan ngasih informasi selengkap-lengkapnya. Untuk bikin itinerary Jepang bisa dengan 3 cara :

  1. Download aplikasi Rome2rio. Aplikasi ini PRAKTIS banget dan WAJIB kamu punya selama di Jepang.

Kamu tinggal masukin lokasi awal dan lokasi tujuan (misal : Narita ke Hakone), lalu pilih tombol Search. Setelah itu akan muncul berbagai jenis transportasi, waktu perjalanan, dan informasi harga. Kalo kamu pilih salah satu transportasi, akan muncul detail-nya lagi. Pokoknya lengkap banget di aplikasi ini!

 

  1. Melalui Google Maps. Kamu tinggal ketik lokasi awal dan lokasi tujuan (misal : Narita Airport ke Hakone-Yumoto Station). Pilih Search, lalu pilih Directions. Akan muncul icon mobil, kereta, dan orang. Pilih icon kereta, maka akan muncul berbagai macam transportasi di waktu tertentu beserta informasi harga.

 

  1. Melalui situs Google. Kamu tinggal ketik lokasi awal dan lokasi tujuan (misal : from Narita Airport to Hakone-Yumoto) di kolom pencarian, lalu pilih Search. Akan muncul icon mobil, kereta, dan orang. Pilih icon kereta dan daftar informasi perjalanan bakalan ditampilin.

 

Di Bulan September Sudah Musim Gugur?

Karena masih peralihan dari musim panas ke musim gugur, jadi ada beberapa kota yang daun-daunnya udah mulai menguning atau memerah, ada juga yang masih hijau. Tetep siapin sweater atau jaket ya, karena suhunya udah mulai turun.

 

“Nyobain private onsen di Hirayu Onsen”

 

“Tetep semangat buat foto walaupun cuaca dingin di siang hari”

 

Rencanakan Perjalananmu!

Bikin itinerary selama di Jepang memang gak gampang. Kamu akan ngerasa riweuh dengan rute transportasi dan harganya yang fantastis bikin stress. Tapi dengan itinerary yang matang, kamu bisa dengan gampang tinggal ikutin apa yang tertulis di dalam itinerary, manalagi di Jepang semuanya serba tepat waktu. πŸ™‚

  1. Tiket penerbangan bisa dibeli di https://www.airasia.com/ karena banyak promo.
  2. Mengurus Visa. Baca ARTIKEL INI buat informasi lengkapnya.
  3. Booking hostel bisa melalui https://www.booking.com/ . Usahakan pilih hostel yang dekat dengan stasiun/terminal dan bayar di tempat.

 

“Makan onigiri dikelilingi sawah-sawah di Shirakawa-go”

 

“Monyet-monyet salju Jigokudani yang kawaii!”

 

Butuh JR Pass?

Nah, ini yang sering dipertanyakan sebelum traveling ke Jepang. JR (Japan Rail) Pass bisa nge-cover transportasi kereta, bus, maupun kapal. Enaknya punya JR Pass, kamu bisa reservasi tiket transportasi cuma dengan nunjukin kartu ini.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua transportasi di Jepang di-cover sama JR Pass. Kadang kamu harus naik bus atau transportasi lainnya untuk bisa sampai di stasiun yang bisa menggunakan JR Pass.

 

“Akhirnya megang JR Pass juga!”

 

Jadi, sebelum kamu membeli JR Pass, kamu bikin itinerary terlebih dahulu, lalu hitung rute perjalanan mana aja yang bisa di-cover sama JR Pass. Kamu TIDAK perlu membeli JR Pass kalo :

  • Tujuan kamu ke Jepang yang dekat-dekat saja (Tokyo, Kyoto, Osaka).
  • Lebih banyak stay di kotanya daripada berjalan jauh ke kota lain.
  • Ingin mengunjungi desa-desa di Jepang. P.S.: JR Pass hanya tersedia di kota-kota besar.
  • Traveling di Jepang kurang dari 5 hari.

Saya sendiri membeli JR Pass karena akan ke Sapporo, Hokkaido. Maklum, 1 harga tiket pesawat Tokyo-Sapporo sekali jalan itu setara dengan harga JR Pass!

Nah, JR Pass bisa kamu beli dari Traveloka atau dari agen-agen travel lainnya. Untuk harga Ordinary JR Pass dengan masa aktif 7 hari seharga Rp3.800.000,-. Kebetulan waktu saya beli di Traveloka dapet diskon Rp200.000,-. πŸ˜€

Link JR Pass di Traveloka ada DI SINI.

 

Perlu Pocket Wifi Selama di Jepang?

Walaupun wifi gratis di Jepang ada di mana-mana, kadang koneksinya buruk jadinya kamu tetep butuh koneksi internet di HP kamu. Gunanya buat mencari rute perjalanan terutama saat kamu tersesat di Jepang.

Pocket Wifi sudah banyak disewakan di Indonesia, seperti KLOOK, ANYFi, dan PUPURU. Kalo gak mau ribet tinggal beli paket roaming sesuai provider HP kamu. Yang pasti, beli paket wifi sesuai dengan berapa lama kamu di Jepang ya. πŸ™‚

 

“Jadi gak fokus kuliah di Hokkaido University kalo view-nya kayak gini…”

 

Bawa Apa Saja ke Jepang?

Ini dia persiapan khusus sebelum ke Jepang :

  1. Bawa barang seperlunya saja, terutama buat kamu yang ingin backpacking ke Jepang. Karena transportasi mahal, jadinya kamu bakalan lebih banyak jalan. Bawa koper sangat tidak disarankan kalo kamu backpacking.
  2. Tas kecil untuk meyimpan dompet, HP, passport, powerbank, dan barang berharga lainnya.
  3. Mie instan, boncabe, sambel sachet, atau abon penting banget dibawa selama ngetrip, terutama buat kamu yang ingin memangkas biaya perjalanan.
  4. Baju tebal, sweater, atau jaket akan dibutuhkan saat cuaca dingin di Jepang.

 

Tips & Tricks Memangkas Biaya Perjalanan

  1. Pilih rute perjalanan yang semurah mungkin. Tulis ke dalam itinerary yang kamu buat.
  2. Booking hostel udah dari jauh hari. Harga hostel/hotel di Jepang udah kayak harga tiket pesawat : suka berubah-ubah! Makin dekat dengan tanggal kamu menginap, makin mahal juga biaya hostel permalam.
  3. Beli makanan yang berupa paket. Kalo saya sendiri biasanya beli di 7-Eleven dan Family Mart. Pagi makan onigiri, siang makan paket makanan, malam beli nasi putih dicampur mie instan/abon/lauk.
  4. Air kran dari dapur hostel/hotel bisa langsung kamu minum tanpa dimasak terlebih dahulu. Ini bisa menghemat biaya perjalananmu setiap harinya, karena 1 botol air minum 600ml yang dijual di minimarket bisa berharga Rp12.000-18.000,-.
  5. Naik transportasi di Jepang mahal, jadi banyak-banyak berjalan kaki.
  6. Belilah tiket pesawat saat sedang promo. Gunakan aplikasi mobile agar mendapatkan harga yang lebih murah.

 

“Paket makanan lengkap yang dibeli dari Family Mart”

 

Trivia

  1. Kamu tidak bisa tawar-menawar di Jepang. Semua harga udah fix.
  2. Jepang sangat informatif. Baik terminal, stasiun, maupun orang-orang Jepang-nya sendiri dengan senang hati akan membantumu. Kalo kamu menanyakan arah jalan sama pejalan kaki, kamu bakalan dianterin sampe tujuan!
  3. Semua hostel punya dapur, jadi aman buat kamu kalo mau masak.
  4. Torii (daging ayam) dan buta (daging babi) penting ditanyakan ke kasir sebelum kamu membeli makanan. Cukup tanyakan ke kasir β€œTorii, buta?” dan ia akan jawab salah satunya.
  5. Air kran dari dapur hostel/hotel bisa langsung diminum, tapi kalo dari wastafel atau tempat lainnya agak diragukan.
  6. Toilet di Jepang canggih banget. Saking canggihnya, ada yang bisa muter musik!
  7. Jangan kaget kalo di hostel kamu disuruh beresin tempat tidur sendiri, persis seperti di film Doraemon.

***

Sudah siap traveling ke Jepang? Atau ada pertanyaan? Tulis di kolom komentar ya. πŸ˜€

English

If your destinations in Japan are quite common, what if we create the itinerary more unique : we will explore the COUNTRY-SIDE of Japan in autumn! So, I will share my itinerary and tips & tricks for you who wants to travel in Japan! What towns will we visit?

***

Based on the survey, around 70% of Indonesians want to visit Japan since they were children. This is because they like to read Japanese comics and watch anime aired in television.

Uniquely, around 60% of Indonesia travelers only visit common cities in Japan. Tokyo-Kyoto-Osaka route feels too mainstream. If you prefer nature to city view, you may visit Fujikawaguchi-ko and Shirakawa-go.

Cities mentioned above are mainstream destination and lots of tourists already visit them. Therefore, we create very different itinerary, nuances of nature and away from the crowd are our goal.

Before I explain more detail, I will show you the itinerary first.

 

“Autumn in Hakone”

 

[Baca juga : Apply Visa Jepang Gampang Banget! Ini Dia Cara Mudah Apply Visa Negeri Sakura!]

 

Itinerary Jakarta – Japan

With a trip themed Autumnal Odyssey in Japan, we will explore the country-side of Japan in autumn, exactly in September for 9 days and 8 nights. Towns we visit are : Hakone, Fujikawaguchi-ko, Hirayu Onsen, Shirakawa-go, Nagano, and Sapporo.

What?! Did I create a chaotic itinerary?! Of course not, because our goal is visiting the villages and places that are rarely visited by tourists. Although the distance is far apart, we will still visit the north-side of Japan : Sapporo, Hokkaido!

 

 

Total cost (IDR) :

  • With JR Pass : Rp9.413.350,- + Rp3.800.000,- (price for JR Pass) = Rp 13.213.350,-
  • Without JR Pass : Rp 20.873.500,-

 

Note :

  • JPY 1 = Rp135,-.
  • Cost (in IDR) has been paid before I travel to Japan, ticket booked from official website.
  • The cost is not including merchandises and unexpected expenses.

 

Any difficulties creating the itinerary?

 

“The famous Hakone Shrine near a lake”

 

“Chureito Pagoda, Fujikawaguchi-ko. The view is awesome!”

 

When creating the itinerary, we were surprised by the transportation prices in Japan : it was VERY EXPENSIVE! Then I understand why the trip to Japan provided by travel services picks the common route (Tokyo-Kyoto-Osaka), because anything in Japan will be expensive and transportation always on-time.

But don’t worry, technology in Japan is very superb and they will provide complete information for your trip. You can create an itinerary to Japan in 3 ways :

  1. Download Rome2rio This app is very USEFUL and MANDATORY during your trip to Japan.

You only have to input the location and destination (e.g.: Narita to Hakone), then tap Search. The app will display various types of transportation to get to your destination, spending time, and price. If you tap one of the transportation, it will display more detailed information.

 

  1. Using Google Maps. You have to input the location and destination (e.g.: Narita Airport to Hakone-Yumoto Station). Tap Search, then choose Directions. There will be some icons displayed : car, train, and person. Choose train icon, then it will display various types of transportation at certain time and price information.

 

  1. Using GoogleΒ website. You have to type the location and destination (e.g.: Narita Airport to Hakone-Yumoto) in search column, then tap Search. There will be icon car, train, and person. Choose train icon, then list of transportations at certain time will be displayed.

 

Has autumn started on September?

Since it’s still season transition from summer to autumn, leaves begin to turn to yellow or red in some places. Bring sweater or jacket during your trip to Japan, the temperature also starts decreasing.

 

“Trying private onsen at Hirayu Onsen”

 

“Photo session in the afternoon, although the weather is cold”

 

Plan your trip!

Creating an itinerary to Japan is not easy. You will feel very complicated with transportation routes and prices. With useful and well-planned itinerary, you can easily follow what is written on the itinerary. πŸ™‚

  1. Flight ticket with promos can be purchased at https://www.airasia.com/ .
  2. Request for Visa. Read THIS ARTICLE for more information (in Bahasa).
  3. Hostel booking can be done at https://www.booking.com/ . Try to book hostel near station/terminal and pay at the hostel.

 

“Having onigiri around the ricefield at Shirakawa-go”

 

“The Jigokudani snow monkeys. Kawaii!”

 

Do I need JR Pass?

This is a common question before you travel to Japan. JR (Japan Rail) Pass covers train, bus, and ship. You can do ticket reservation by only showing JR Pass.

Not all transportations covered by JR Pass. Sometimes you have to use bus or other transportations only to get to the station that provides JR Pass.

 

“Finally I got JR Pass!”

 

Therefore, before you buy JR Pass, you have to create the itinerary first, then count which routes can be covered by JR Pass. You DO NOT have to buy JR Pass when :

  • Your destinations in Japan are nearby (Tokyo, Kyoto, Osaka).
  • You stay at the same city/town most of the time rather than traveling to other places.
  • You want to visit villages in Japan. P.S.: JR Pass only available at big cities.
  • Traveling to Japan in less than 5 days.

For me, since my destination was Sapporo, Hokkaido, so I had to buy JR Pass. The price for flight ticket with route Tokyo-Sapporo in single trip equals to the price of JR Pass!

You can purchase JR Pass at Traveloka or other travel agents. The price for Ordinary JR Pass with active period of 7 days is Rp3.800.000,-. Luckily, I got Rp200.000,- discount at Traveloka. πŸ˜€

Link for JR Pass at Traveloka HERE.

 

Do I need Pocket Wifi during my trip in Japan?

Although free wifi can be discovered in all places in Japan, sometimes the connection is poor so that you still need internet connection for your smartphone. It is very useful to find routes especially when you get lost in Japan.

Pocket Wifi can be rented in your country, e.g.: KLOOK, ANYFi, PUPURU, etc. You also can use internet roaming by your provider in case you feel complicated for renting Pocket Wifi. Please purchase wifi package based on your travel time in Japan. πŸ™‚

 

“Looks like I cannot focus studying at Hokkaido University…”

 

What should I bring during my trip to Japan?

These are specific stuffs to be prepared before you travel to Japan :

  1. Bring stuffs as needed, especially when you are about to do backpacking in Japan. You will have to walk most of the time. Bringing a suitcase is not recommended if you’re backpacking.
  2. A mini-bag to carry your wallet, smartphone, passport, powerbank, and other valuable stuffs.
  3. Instant noodles, chilli sauce, or beef floss are mandatory, especially if you want to cut travel costs.
  4. Sweater and jacket are needed in cold weather.

 

Tips & tricks to cut travel costs

  1. Choose the prices of your travel route as cheap as possible. Write it on your itinerary.
  2. Book hostel as soon as possible. Same as the price of flight ticket, price of hostel/hotel in Japan changes periodically! The closer to the date you stay, the more expensive the price of hostel is.
  3. Buy foods in package. I usually buy them at 7-Eleven or Family Mart. Onigiri on breakfast, food package on lunch, rice with instant noodles/beef floss/other dish on dinner.
  4. Tap water in the kitchen is drinkable. This can save your money eveyday, because 1 bottle of 600ml water sold in minimarket can cost Rp12.000-18.000,-.
  5. Transportation prices in Japan are expensive, so you have to walk to your destination.
  6. Buy flight ticket in promo. Use mobile app to get cheaper price.

 

“Lunch package bought at Family Mart”

 

Trivia

  1. You cannot bargain in Japan.
  2. Japan is very informative in all aspect. The Japanese people will be happy to help you giving the right information. If you ask for direction to Japanese pedestrian, they will accompany you until you arrive at your destination!
  3. All hostels have kitchen.
  4. Torii (chicken) and buta (pork) are important before you buy the food. Just ask to the cashier β€œTorii, buta?” and they will answer one of them.
  5. Tap water in the kitchen is drinkable, but in the sink or others are doubting.
  6. Restroom in Japan is very sophisticated. You even can play music by pressing button in the restroom!
  7. Don’t be shocked by culture in Japan : you have to clean up your bed by yourself everyday, exactly like in Doraemon.

***

Are you ready traveling to Japan? Or you have any queries? Please write it on comment column. πŸ˜€

 

Baca juga cerita perjalanan saya selama di Jepang :

  1. 9D8N Explore the Country-side of Japan : Itinerary and Costs Applied!
  2. Apply Visa Jepang Gampang Banget! Ini Dia Cara Mudah Apply Visa Negeri Sakura!
  3. 7 Kejutan di 24 Jam Pertama di Jepang!
  4. Pengalaman Jadi Gembel di Hokkaido, Jepang

Comments

    1. Post
      Author
  1. Matius Teguh Nugroho

    Her, lu adalah salah satu blogger baru yang tulisannya rapi dan enak dibaca, Ejaan Berbahasa Indonesia bener-bener diterapkan. Salut! Keren juga buat artikel bilingual-nya.

    Sama, gue juga pengen ke Jepang sejak kecil karena “terjebak” dengan anime, manga, tokusatsu, musik, film, sampai dorama-nya. Gue bahkan pernah aktif di komunitas jejepangan saat SMA dan pernah menang cosplay. Kebetulan gue sendiri anaknya memang suka eksplor kota dan kereta api, Her. Jadi eksplor kota-kota mainstream pun gue tetep antusias! Cuma gue juga tertarik menikmati alam sama pedesaan Jepang, soalnya negara 4 musim yang maju, jadi bakal dapet pengalaman yang beda banget dari Indonesia.

    Btw, menurut gue kalo pun cuma ke Tokyo-Kyoto-Osaka tapi durasinya cukup lama dan bakal sering mobile (apalagi naik shinkansen), JR Pass tetep dibutuhkan.

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Cieee cosplay apa tuh? Jadi Sailor Moon? πŸ˜›
      Mau explore ke kota mainstream di Jepang pun tetep bagus Mat! Someday gw juga akan balik lagi buat visit Tokyo-Kyoto-Osaka, sepertinya menarik pas musim gugur.
      Kalo butuh JR Pass sebenernya tergantung juga Mat, soalnya ada jangka waktunya juga. πŸ™‚

  2. Bara Anggara

    Edaaan, bener2 lengkap panduannya… Tinggal ngumpulin duit nih terus cus ke Jepang juga πŸ˜€ … Btw JRPass ngebantu banget ya,, jauh euy perbedaan harganya dg yang tanpa JR Pass..

    Mantep sekarang Heriand.com tersedia dalam 2 bahasa.. sukses terus masbro..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Wkwkwkwkw thanks, Bara! Kebetulan gw lagi rajin banget sampe bela-belain translate! πŸ˜€
      JR Pass ngebantu banget kalo tujuannya jauh, kalo yang deket-deket mah ada baiknya pake bus/kereta biasa aja. πŸ˜€

  3. Hans

    Mahal juga ya.
    Itu aja dari Jakarta, apakabar saya yang dari Jayaoura?
    Nambah uang tiket pesawat 4 – 5jt an. Hahahha. Matek! Haha
    Tapi Jepang termasuk salah satu negara yang udah masuk wishlist. Huhuhu.
    Itu asik banget ya kesananya ramean gitu.
    Pasti bakalan seruuuuu 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *