Mengunjungi Thar Desert Jaisalmer di Musim Panas, Kira-kira Sepanas Apa Ya?


Mengunjungi gurun pasir sambil bergaya ala-ala film Aladdin atau Arabian Nights pasti menjadi dambaan para traveler mancanegara. Nah, gimana saat mengunjungi objek wisata tersebut tidak pada waktu yang tepat? Kalo gurun pasir aja udah panas, gimana rasanya saat mengunjunginya di musim panas ya?

***

Panas mungkin sebuah keadaan yang sangat dihindari oleh orang-orang. Kecuali saya sendiri, karena memang saya suka banget sama musim panas. Apalagi pas nemu pantai dan laut, duh rasanya pengen langsung buka baju sambil berenang di tepi pantai! Cuma saat mengunjungi gurun pasir kok rasanya beda ya? Bukan panas lagi yang saya temukan, melainkan SANGAT PANAS!

Kali ini saya berkesempatan mengunjungi Thar Desert yang berada di Jaisalmer. Kota Jaisalmer sendiri berada di teritorial Rajasthan dan disebut juga The Golden City of India. Memang bener-bener GOLD loh, karena hampir semua bangunannya dibangun menggunakan batu pasir berwarna kekuningan. Jadi kalo dari jauh terlihat seperti bangunan yang memancarkan warna keemasan terutama di siang hari.

Jaisalmer juga merupakan perbatasan antara India-Pakistan. Jadi jangan heran kalo di kota ini akan ada polisi yang membawa senjata untuk berjaga-jaga, terutama di Bandara Jaisalmer.

 

“Pemandangan dari pesawat menuju Jaisalmer. Kebayang kan panasnya kayak apa?”

 

[Baca juga : Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!]

 

Kapan Waktu yang Pas Buat Mengunjungi Jaisalmer?

Nah, seperti yang pernah saya tulis di artikel ini, waktu yang cocok buat mengunjungi Jaisalmer yaitu di bulan Juni-November karena suhu tidak sepanas di bulan selain itu. Wisatawan akan membludak di bulan-bulan tersebut dan hotel-hotel cenderung sudah full-booked.

Saya mengunjungi Jaisalmer di bulan April, yang tidak termasuk range bulan terbaik untuk mengunjungi kota tersebut. Orang-orang India pun terheran-heran kenapa ada wisatawan yang berkunjung ke Jaisalmer di musim panas ini. Yaah sebenernya gak ada yang salah sih, cuma konsiderasinya memang karena suhu lagi panas banget bisa sampe 45°C dan bahkan orang India aja gak kuat buat explore Jaisalmer!

 

“Pemandangan Jaisalmer di sore hari. Ada view Jaisalmer Fort dari kejauhan juga loh!”

 

Suhu pagi hari di kota Jaisalmer masih agak sejuk dan masih bisa diterima. Pas jam 11 siang, beuh… panasnya udah kayak di deket kompor! Suhu pun akan terus meningkat sampai sore hari. Pernah saya cek di HP dan suhu tertinggi di sore hari mencapai 46°C! Kebayang kan betapa panasnya Jaisalmer? Belum lagi saat di malam hari. Udara cenderung bikin gerah walau kita lagi diem aja.

Tempat-tempat wisata di Jaisalmer cenderung sepi pengunjung di bulan April. Nah, justru hal ini kita manfaatkan buat dapetin harga yang lebih murah dibandingkan Jaisalmer pas lagi rame-ramenya.

 

Berapa Harga Trip ke Thar Desert?

 

“Jalan-jalan di gurun pasir bersama unta”

 

Di Thar Desert terdapat camel safari, dan kamu harus melalui agen travel untuk mencapai objek wisata tersebut. Saya sendiri menggunakan agen travel dari rekomendasi pemilik Hotel The Silk Route. Dengan harga 1650 rupee perorang, kamu bisa menikmati Thar Desert dengan benefit berikut :

  1. Transportasi dari hotel ke camel safari.
  2. Sand dunes ride : menikmati perbukitan gurun pasir menggunakan mobil.
  3. Camel ride : naik unta selama 4 jam sambil menikmati sunset. Sunset biasanya jam 7 malam.
  4. Air minum kemasan.
  5. Dinner.

Harga ini udah paling murah loh, dibandingkan saat di bulan Juni-November yang harganya bisa mencapai 2500-4000 rupee perorang!

 

“Menerjang bukit-bukit pasir (sand dunes ride). Dijamin bikin kamu deg-degan!”

 

“Nyobain Desert Beans yang bisa menambah stamina selama di Thar Desert”

 

“Dinner di Camel Safari. Ada nasi, chapati, dan olahan kentang”

 

Apa yang Harus Disiapkan Sebelum ke Thar Desert?

Tentunya ada persiapan khusus sebelum mengunjungi gurun pasir, apalagi di musim panas.

  1. Lip balm : Udara di gurun pasir pasti kering dan bikin bibir pecah-pecah. Disarankan buat memakai lip balm setiap saat, bahkan selama di Jaisalmer pun juga hukumnya WAJIB memakai lip balm.
  1. Masker atau Kain : Sebenernya kamu cuma butuh penutup hidung dan mulut agar terhindar dari debu di gurun pasir, terutama saat sand dunes ride. Bisa memakai masker atau kain buat menutupi pernapasan kamu. Kalo saya sendiri menggunakan selendang yang dibeli dari pasar di Jaisalmer, sekalian buat menutupi kepala agar terhindar dari terik matahari.
  1. Sepatu : Yaah namanya juga gurun pasir, pasti pasirnya juga panas. Pakailah sepatu buat menutupi kaki kamu, dan jangan pernah memakai sendal ya!
  1. Air minum : Walaupun air minum sudah disiapkan oleh agen travel, ada baiknya buat menyiapkan air minum untuk dirimu sendiri. Panasnya Jaisalmer bisa bikin cepet dehidrasi loh. Minum sebanyak apapun pasti kamu cuma buang air kecil 1-3 kali dalam sehari! Kebayang kan betapa keringnya Jaisalmer di musim panas?

 

“Ngeliat foto ini aja udah ngerasa panas ya. 🙂 “

 

“Debu selama perjalanan di Thar Desert. Sopir pun sempat mengingatkan untuk menutup hidung dan mulut biar gak kemasukan debu.”

 

“Pakai sepatu biar gak kepanasan pas nginjek pasir.”

 

“Air minum bisa diletakkan di kantong yang sudah disediakan di pundak unta.”

 

Ada Hewan Berbahaya di Thar Desert?

Mostly unta dan domba bisa ditemukan di Thar Desert. Konon ada ular derik dan kalajengking di Thar Desert, hewan mematikan nomor 1 di dunia. Jadi, selalu perhatikan langkahmu selama mengunjungi Thar Desert ya!

 

“Domba-domba yang menjadi peliharaan penduduk Jaisalmer.”

 

Perjalanan Menyenangkan di Thar Desert

 

“Selfie bersama Kalu (unta) dan Bawani (yang jagain saya selama trip ini)”

 

Di balik Thar Desert yang harus menyiapkan ini-itu, ada ini-itu, dan komentar-komentar lainnya, justru objek wisata ini menjadi pengalaman terbaik saya selama di India dan gak bakalan terlupakan!

Yuk tonton vlog saya mengunjungi Jaisalmer, termasuk Thar Desert!

 

 

[Baca juga : India Rasa Indonesia, Cuma Ada di Kota Jodhpur!]

***

Gimana? Tertarik mengunjungi Thar Desert di musim panas? 🙂

 

Baca juga cerita perjalanan saya selama di India :

1. Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!

2. Mau Ngetrip Murah ke India? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

3. India Rasa Indonesia, Cuma Ada di Kota Jodhpur!

4. Mengunjungi Thar Desert Jaisalmer di Musim Panas, Kira-kira Sepanas Apa Ya?

5. Klakson di Negara India, Cuma Iseng atau Buat Ngusir Sapi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *