Mau Ngetrip Murah ke India? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!


Banyaknya destinasi wisata di India menjadikan negara ini semakin diminati para wisatawan Indonesia. Gak cuma disuguhkan view-nya yang keren, para wisatawan Indonesia juga diuntungkan dengan harga-harga barang disana yang murah-murah! Di balik itu, banyak hal yang harus diperhatikan saat ngetrip ke negara ini. Kira-kira apa aja ya?

***

Salah satu negara yang menurut saya sangat menarik buat dikunjungi yaitu negara India. Berbeda dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, India rasanya sangat disayangkan jika tidak dikunjungi. Kamu akan merasakan budaya yang sangat berbeda di negara ini. Hampir semua objek wisata merupakan kastil dan peninggalan sejarah, berbeda dengan Indonesia yang hampir semua objek wisata adalah alam.

Menurut survei, sekitar 500.000 wisatawan Indonesia berkunjung ke India di tahun 2017. Angka ini akan terus naik di tahun-tahun berikutnya, manalagi sekarang ke India sudah BEBAS VISA! Asiiik!!

Nah, walaupun kultur di negara India sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia, kamu harus mempersiapkan dengan baik sebelum atau selama ngetrip di negara ini. Sayang rasanya jika kamu tidak memperhatikan hal-hal ini. Yuk disimak!

 

1. Walaupun sudah bebas Visa, kamu harus tetap mendaftarkan dirimu seperti membuat Visa biasa

 

“Keindahan Gadisar Lake, Jaisalmer, India”

 

Terhitung sejak tanggal 18 Juni 2018, membuat Visa India untuk 30 hari (Single Entry) tidak membutuhkan biaya. Ya, kamu tetap harus mendaftarkan dirimu untuk mendapatkan Visa. Caranya gampang banget kok, tinggal buka https://indianvisaonline.gov.in/ kemudian pilih “Regular Visa Application”, lalu ikuti petunjuk dan isi sesuai data dirimu.

Visa ini pun dikategorikan e-Visa, jadi kamu gak perlu ke Embassy of India lagi. Cuma butuh 1-2 hari kerja dan tidak dipungut biaya apa pun! Kamu juga cukup print e-Visa yang telah disetujui. Gampang banget, bukan?

 

[Baca juga : Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!]

 

2. Konsumsi makanan yang ada di dalam restoran saja

 

“Thali, salah satu menu di restoran India”

 

Walaupun banyak banget makanan yang dijual di jalanan India, lebih baik kamu memakan makanan yang ada di dalam restoran saja karena alasan kebersihan. Mostly jalanan di India berdebu. Makanan yang kamu konsumsi pun lebih baik well-cooked.

Beberapa jenis masakan India (Indian cuisine) juga kurang cocok dengan lidah orang Indonesia. Ada baiknya kamu membawa sambal sachet untuk menambah cita rasa makanan.

 

3. Perhatikan cuaca di India sebelum menjelajahi negaranya

Ngetrip ke India tergantung bulannya juga loh, agar kamu mengetahui kapan saja wisatawan mancanegara datang ke negara ini. Di bulan Desember – akhir Mei, cuaca di India akan panas banget bahkan bisa sampai 45 derajat!! Buruknya lagi, akan ada badai pasir di beberapa wilayah bergurun pasir. Wisatawan juga akan lebih sedikit datang ke negara ini dikarenakan cuaca dan alasan keselamatan.

 

“Di bulan April, India akan terasa sangat panas karena sedang musim kemarau”

 

Sedangkan bulan Juni – akhir November di India akan sangat ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Cuaca pun tidak sepanas di bulan April, tetapi harga di mana-mana cenderung akan meningkat.

Eits, tapi setiap bulan Maret di India merayakan Holi Festival loh! Tertarik ke India di bulan ini?

 

4. Beli tiket 3 bulan sebelum keberangkatan agar lebih murah

Ini hal paling krusial (kalo menurut saya) karena bakalan ngaruh banget sama trip murah kamu ke India! Saya sarankan untuk membeli tiket paling tidak 3 bulan sebelum keberangkatan. Nah, ada baiknya juga kalo kamu membelinya dari Kompas Travel Fair loh!

Kompas Travel Fair yang juga didukung oleh CIMB Niaga akan diadakan pada tanggal 7 – 9 September 2018 di Main Lobby dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). CATAT tanggalnya ya! Hahahaha. Event ini dikhususkan buat kamu yang lagi nyari tiket murah ke seluruh destinasi dunia, tentu aja kalo mau ke India pasti ada tiket murah!

Buat nasabah Kartu Kredit & Debit CIMB Niaga ini akan sangat diuntungkan dengan promo dan diskon gede-gedean selama Kompas Travel Fair berlangsung loh! Yuk intip apa aja program menarik dari CIMB Niaga :

  • CASHBACK hingga Rp2.000.000,-
  • CICILAN 0% hingga 24 bulan! Wah ini enak banget buat yang pengen ngirit!!
  • HEMAT 50% dengan Poin Xtra!
  • Gratis koper khusus transaksi dengan Kartu Kredit Premium CIMB Niaga (JCB Ultimate, World Mastercard, Visa Infinite, Preferred Visa Infinite).
  • Gratis VOUCHER BELANJA hingga Rp300.000,- untuk transaksi NON TIKET.
  • dan masih banyak lagi promo menarik lainnya! Cek link berikut ini : bit.ly/CIMBKTF

 

 

Buat kamu yang belum memiliki Kartu Kredit CIMB Niaga tapi suka banget traveling, nah saatnya kamu daftar Kartu Kredit Visa Platinum yang tentunya cocok banget buat para traveler!

  • BEBAS IURAN TAHUNAN di tahun pertama dan tahun selanjutnya hanya dengan bertransaksi retail minimum 24 juta rupiah dalam setahun!
  • DOUBLE Poin Xtra setiap bertransaksi di website maskapai penerbangan! Aaaah siapa yang gak mau???
  • Poin Xtra bisa ditukarkan di berbagai mileage programs dan dapatkan fasilitas Airport Lounge yang ada di kota-kota besar di Indonesia!
  • CICILAN 0% untuk 3 bulan pertama hanya dengan transaksi retail minimal Rp500.000,-.
  • Gratis perlindungan asuransi berupa Purchase Protection dan Travel Insurance! Info lengkap ada di : bit.ly/FREETRAVELINSURANCE

 

Nah, Kartu Kredit Visa Platinum CIMB Niaga ini bisa kamu apply online di link ini ya : https://www.cimbniaga.com/in/personal/products/cards/credit-card/products/platinum-card.html. Pilih “Kami Akan Hubungi Anda” dan isi data sesuai kolom, kemudian pilih Submit.

Buat kamu yang pengen langsung jadi, kamu bisa melakukan pengajuan instan Kartu Kredit CIMB Niaga Wave n Go selama Kompas Travel Fair berlangsung loh! Cukup bawa dokumen yang lengkap ya yaitu KTP, NPWP dan Surat Keterangan Penghasilan. Dengan membawa dokumen lengkap tersebut, kartu bisa langsung jadi dalam waktu 3 JAM SAJA! Wah ini enak banget!! Info lebih lanjut bisa klik link di sini atau hubungi CIMB Niaga di 14041 ya!

 

***

Gimana persiapan kamu ke India? Udah siap berburu tiket murah di Kompas Travel Fair? 🙂

 

Baca juga cerita perjalanan saya selama di India :

1. Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!

2. Mau Ngetrip Murah ke India? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

3. India Rasa Indonesia, Cuma Ada di Kota Jodhpur!

4. Mengunjungi Thar Desert Jaisalmer di Musim Panas, Kira-kira Sepanas Apa Ya?

5. Klakson di Negara India, Cuma Iseng atau Buat Ngusir Sapi?

Comments

  1. Gallant

    Pernah baca di salah satu buku, penulisnya kak Gio (duabadai/disgiovery), ketika lagi jalan ke Varanasi dia justru mencari India yang “sebenarnya” ahahaha.
    Menarik sih. Tapi scamnya juga serem katanya

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *