India Rasa Indonesia, Cuma Ada di Kota Jodhpur!


Selama saya ngetrip ke India, banyak hal yang bisa saya dapatkan baik itu tentang budaya, objek wisata, maupun kulinernya sendiri. Beberapa kota di India memang sangat kental akan budayanya, kecuali di kota Jodhpur ini… kok rasanya ada di Indonesia yah? Kira-kira kota apa di Indonesia yang mirip dengan kota Jodhpur ini?

***

Aah, seneng banget rasanya kalo ngetrip ke luar negeri dan budayanya juga beda banget dari negara kita sendiri. Selain dapet pengalaman baru, tentunya kamu akan membandingkan negara yang sedang dikunjungi dengan negara kita sendiri, dan ini pasti terjadi.

Perbandingan ini pastinya akan jadi tolak-ukur para wisatawan mengunjungi negara atau kota tersebut. Dan ini terjadi saat saya mengunjungi kota Jodhpur! Bukannya membandingkan, justru saya mendapatkan hal-hal yang gak jauh berbeda dari Indonesia!

Jodhpur merupakan kota terbesar kedua di teritorial Rajasthan dan mempunyai sebutan The Blue City of India. Well, saat saya mengunjungi kota ini sebenernya hanya di beberapa area saja yang bangunannya dicat biru. Itu pun saya harus naik ke atap rumah buat melihat pemandangan birunya yang sangat cantik.

 

“Jodhpur, The Blue City of India”

 

[Baca juga : Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!]

 

Penduduk di kota Jodhpur ini sangat ramah dengan para wisatawan loh! Saya inget banget saat menginap di goStops Hostel Jodhpur. Karena hanya 2 hari 1 malam di kota Jodhpur dan besoknya harus balik lagi ke kota Jaipur untuk kembali ke Indonesia, pemiliknya ikut membantu memesan bus untuk kita semua SECARA SUKARELA dan memakai uang dia dulu! Kita pun ingin memberi tip tapi pas ngasih malah ditolak. Emang bener kata orang-orang India yak, penduduk di Jodhpur ini sangat ramah dibandingkan kota lainnya. Orang Indonesia pun akan ngerasa homie begitu mengunjungi kota ini.

Saat di hostel pun mereka gak segan-segan memutar lagu Justin Bieber, DJ Snake, The Chainsmokers, dan sejenisnya. Berbeda saat saya menginap di kota lain yang biasanya muter lagu-lagu India.

 

“Penjaga hostel yang sangat friendly dengan wisatawan”

 

Jujur aja, selama di India saya agak kesulitan makan karena rasa makanan India yang kurang cocok dengan lidah orang Indonesia. Uwoow, kok ga cocok? Mayoritas penduduk India beragama Hindu dan mereka vegetarian. Jadi gak makan daging atau sejenisnya sama sekali! Ditambah lagi ga ada penyedap rasa khas Indonesia alias MICIN, duh nangis lah hamba~

Pernah saat saya sedang berada di restoran kota Jaipur dan tanya ke pelayannya, “Mas, ada telor gak?” malah dijawab “Sorry Mas, kita gak jualan” sambil menggelengkan kepala dengan ekspresi kaget.

Sedangkan di kota Jodhpur ada banyak banget makanan western, yang tentunya ada daging dan telor! Yeeaay! Misalnya seperti restoran di goStops Hostel yang menjual spaghetti, omelet telor, burger, bahkan ada pizza.

Saat saya berada di Spice Paradise untuk membeli oleh-oleh pun juga begitu. Kita didemokan cara memasak Indian cuisine dengan memakai rempah India SECARA CUMA-CUMA dan oleh-oleh pun diberikan diskon khusus buat kita semua! Makanan dan minuman yang disajikan buat kita yaitu Chapati, Chai, Yoghurt, itu pun TANPA DIPUNGUT BIAYA! Rasa makanannya juga enak banget, pas buat orang Indonesia. Mantap jiwa~

 

“Spice Paradise, pilihan yang tepat buat beli oleh-oleh”

 

“Demonstrasi memasak Chapati”

 

“Berbagai macam oleh-oleh di Spice Paradise. Ini baru rak pertama lho”

 

[Baca juga : Mau Ngetrip Murah ke India? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!]

 

Sebenarnya, kota Jodhpur memang dijadikan pusat wisata oleh para wisatawan mancanegara. Jadi gak heran kalo disini banyak banget bule berkeliaran menelusuri kota Jodhpur. Siapa sih yang gak bahagia kalo banyak wisatawan mengunjungi kotanya?

Vlog tentang Jodhpur ini juga udah ada loh di channel YouTube saya!

 

***

Nah, bisa kita simpulkan kalo orang-orang di kota Jodhpur ini ramah-ramah, gampang cari makanan yang pas buat orang Indonesia, restoran western ada di mana-mana. Kira-kira kayak kota apa ya?

Kota Jodhpur ini seperti kota BANDUNG! Kamu setuju gak? 😀

 

Baca juga cerita perjalanan saya selama di India :

1. Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!

2. Mau Ngetrip Murah ke India? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

3. India Rasa Indonesia, Cuma Ada di Kota Jodhpur!

4. Mengunjungi Thar Desert Jaisalmer di Musim Panas, Kira-kira Sepanas Apa Ya?

5. Klakson di Negara India, Cuma Iseng atau Buat Ngusir Sapi?

Comments

    1. Post
      Author
  1. GoTravelly.com

    Jodpur, sebenarnya seluruh Rajasthan dikenal keramahannya. karena you know lah oran India gimana. Selama di Rajasthan aku menemukan keramahan mereka.

    sayangnya tiap kali ke Jodhpur belum nginep, sellau nginep di Jaipur. next time deh.

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *