Apply Visa Jepang Gampang Banget! Ini Dia Cara Mudah Apply Visa Negeri Sakura! [2018 UPDATE]


Banyak yang bilang kalo apply Visa Jepang itu ribet dan butuh waktu lama buat bikinnya… nyatanya gak seperti itu loh! Justru apply Visa Jepang praktis dan gampang banget! Nah, kali ini saya akan kasih tips & trick jitu apply Visa Jepang, termasuk jika passport kamu terkena masalah!

***

Jepang menjadi salah satu destinasi impian para traveler. Menurut survei, sekitar 60% wisatawan yang ke Jepang sudah memimpikannya sejak mereka masih kecil! Tak terkecuali juga saya. Saya pengen banget ke Jepang karena dari kecil memang suka baca komik dan nonton anime Jepang. Pasti kamu juga kayak gini kan? πŸ˜›

Mungkin artikel ini terdengar agak β€œbasi” karena sudah banyak yang membuat artikel seperti ini. Bedanya, tips & trick yang saya berikan ini paling update dan saya alami sendiri! Terlebih lagi jika passport-mu ada kenapa-kenapa. Yuk dibaca dengan baik ya!

 

[Baca juga : 9D8N Explore the Country-side of Japan : Itinerary and Costs Applied!]

 

Sebelum Bikin Visa, Harus Ada Passport Dulu

Kalo ini sih wajib yah, karena kamu akan visit di luar negara kamu yang mana identitas kamu harus diidentifikasi. Nah, sebelum kamu mengunjungi Jepang, pastikan juga bahwa :

  • Passport kamu sudah berlaku minimal 6 bulan.
  • Masa berlaku maksimal 6 bulan sebelum expired. Misalnya passport expired tanggal 31 Desember 2018, jadi masa berlakunya maksimal 30 Juni 2018. Kalo lebih dari itu maka kamu harus perpanjang passport.
  • Passport harus dijaga baik-baik karena merupakan dokumen negara.

Kalo menurut saya, buatlah passport sedini mungkin karena di beberapa negara memberlakukan peraturan minimal masa berlaku 6 bulan. Gak ada salahnya kok kalo kamu bikin passport tapi belum ada rencana visit negara lain. πŸ™‚

 

Passport Biasa atau E-Passport?

Nah, ini dia yang sering ditanyakan kalo kamu mau ke Jepang. Kita bandingkan dulu kedua jenis passport ini :

  • Passport Biasa :
    • Harga Rp355.000,-.
    • Apply Visa di negara tertentu harus menyiapkan dokumen dan bayar lagi.
  • E-Passport :
    • Harga Rp655.000,-
    • Free Japan Visa Weiver.
    • Apply Visa di negara selain Jepang harus menyiapkan dokumen dan bayar lagi.

 

Udah jelas kan mana yang lebih murah dan menguntungkan?

BEST CHOICE : Karena kamu bakalan ke Jepang, jadi ada baiknya kalo kamu mempunyai E-Passport. Alasan kuat lainnya yaitu karena saya malas menyiapkan dokumen-dokumen untuk membuat Visa Jepang lagi.

 

Apply Passport Baru (Passport Biasa & E-Passport)

Nah, untuk apply passport maupun perpanjang passport, kamu harus mendaftarkan dirimu ke antrian online Kantor Imigrasi https://antrian.imigrasi.go.id . Biasanya, jadwal antrian muncul untuk 1 minggu ke depan. Jadi kamu harus pantengin terus jadwal antrian di website ya, karena terkadang antrian sudah penuh.

Sebelum kamu mendaftarkan dirimu ke antrian online, kamu harus tau dulu kalo Passport Biasa bisa di-apply di Kantor Imigrasi mana saja, kecuali untuk E-Passport baru bisa di-apply di Kantor Imigrasi tertentu yaitu :

  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Kalo kamu sudah mendapatkan jadwal antrian, kamu akan mendapatkan QR Code yang harus ditunjukkan saat di Kantor Imigrasi nanti.

Apply passport ini biasanya memakan waktu 5-7 hari kerja (tergantung Kantor Imigrasi lagi ramai atau engga). Total waktu yang dibutuhkan dari mengantri antrian online sampai passport bisa diambil di Kantor Imigrasi yaitu 3 minggu.

Dokumen yang harus disiapkan untuk apply Passport (Biasa & E-Passport) bisa dilihat di website resmi Kantor Imigrasi ya, KLIK DI SINI.

 

Mengganti Passport menjadi E-Passport

Ini yang saya lakukan saat sebelum ke Jepang. Padahal Passport Biasa baru diperpanjang 4 bulan yang lalu, eh saya udah ganti ke E-Passport! Tapi gapapa kok, pas interview permohonan E-Passport nanti kamu tinggal bilang β€œSaya mau ke Jepang”. πŸ˜€

Untuk apply E-Passport, kamu cukup mendaftarkan diri ke antrian online di Kantor Imigrasi yang menyediakan jasa E-Passport, kemudian cukup bawa fotocopy KTP dan passport lama kamu! Gampang banget kan?

 

“Dokumen E-Passport. Ada chip di dalamnya dan harus lebih berhati-hati menjaga dokumen ini”

 

[Baca juga : 7 Kejutan di 24 Jam Pertama di Jepang!]

 

Passport Rusak / Robek / Ketumpahan Air, Apa yang Harus Dilakukan?

Nah, ini case-nya sangat sulit. Inget ya, SANGAT SULIT karena kamu harus menyiapkan dokumen BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Karena judulnya β€œPemeriksaan”, jadi akan ada 2 status passport kamu berdasarkan berita acara tersebut :

  • Disetujui : Kamu dapat menggunakan passport-mu.
  • Ditangguhkan : Passport kamu tidak dapat digunakan selama 6 bulan sampai 1 tahun. No matter what happen, kamu ga akan bisa ke luar negeri selama kurun waktu tersebut. Biasanya status ini dikenakan karena kesalahan pemilik passport sendiri, misal : karena ketumpahan air, robek, dan sebagainya. Oleh karena itu, passport sebagai dokumen negara harus dijaga baik-baik ya!

Untuk membuat dokumen ini dibutuhkan effort yang sangat tinggi, dan belum tentu juga disetujui loh! Saya tidak akan bahas cara membuat BAP ini, karena dokumen yang dibutuhkan masih simpang-siur dan belum ada kejelasan dokumen yang harus disiapkan dari tiap Kantor Imigrasi.

 

Lalu, gimana solusinya?

APPLY VISA BIASA!

 

Apply Visa Biasa

Ini cara yang bakalan bikin kamu deg-deg-ser, karena nyatanya memang belum tentu Visa kamu di-approve. Apalagi buat yang passport-nya rusak dan udah beli tiket PP Jepang, duh… jangan ditanya lagi paniknya kayak gimana.

Nah, apply Visa Biasa bisa kamu lakukan di 2 tempat :

  1. Langsung apply di Kedutaan Jepang, dengan harga Rp350.000,-. Klik DI SINI untuk melihat peta.
  2. Apply melalui penyedia jasa VFS Global di Lotte Shopping Avenue lantai 4, dengan harga Rp525.000,-. Klik DI SINI untuk melihat peta.

Apply Visa Biasa ini memakan waktu 5 hari kerja. Kamu akan mendapatkan informasi status Visa melalui notifikasi via e-mail.

Untuk apply Visa jenis ini, kamu harus udah apply maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Terutama buat yang mau apply no.2 melalui jasa. Setelah kamu memberikan dokumen ke VFS Global, nantinya dokumen tersebut diserahkan ke Kedutaan Jepang terlebih dahulu. Kalo kamu apply Visa hari Senin, maka ada kemungkinan baru diserahkan ke Kedutaan Jepang hari Kamis. Artinya, kamu baru bisa ambil Visa yang sudah di-approve hari Rabu atau Kamis depan.

 

Lalu, apply Visa Biasa enaknya di mana?

Menurut saya, apply melalui penyedia jasa VFS Global akan lebih baik, karena Visa kamu di-approve kemungkinannya lebih besar.

 

Dokumen apa yang harus disiapkan untuk apply Visa Biasa?

Ini dokumen-dokumen yang WAJIB kamu siapkan untuk apply Visa Biasa :

  • Passport Biasa
  • Form aplikasi (disediakan di Kedutaan Jepang atau VFS Global). Bisa juga udah disiapkan dari rumah dengan men-download form-nya DI SINI.
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Reservasi tiket pesawat
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir dan minimal saldo 15 juta rupiah. Kalo saldo gak mencukupi, bisa pinjem uang dari temen kamu dulu, yang penting saldo keliatan banyak pas dicetak. Hahahaha.
  • Jadwal perjalanan (disediakan di Kedutaan Jepang atau VFS Global). Bisa juga udah disiapkan dari rumah dengan men-download form-nya DI SINI.

Dokumen jadwal perjalanan ini gak harus sesuai dengan rencana perjalanan kamu. Kamu bisa bikin jadwal perjalanan yang fake, yang penting sesuai dengan tanggal pergi-pulang dan rekening koran kamu. Untuk reservasi hotel saya cari di Booking.comΒ dengan mencari hotel di Jepang yang murah dan free cancellation. Objek wisatanya juga saya cari yang mainstream dan dekat daerah hotel. Download contoh jadwal perjalanan yang saya buat DI SINI.

  • Reservasi hotel
  • Foto 4.5 x 4.5 cm background putih

 

Ingat ya, dokumen TIDAK BOLEH distaples, dilipat/ditekuk, atau menggunakan kertas selain A4.

 

“Pengumuman tentang persyaratan apply Visa yang ada di Kedutaan Jepang”

 

Apply Visa Weiver

Ini nih yang paling gampang kalo mau ke Jepang. Kamu cukup bawa E-Passport dan datang ke Kedutaan Jepang. Isi formulir yang ada di sana, kemudian formulir dan E-Passport diberikan ke petugas. Visa Weiver bisa diambil keesokan harinya. Beres deh!

Untuk apply Visa Weiver bisa kamu lakukan di jam 08.00-12.00, sedangkan pengambilan Visa Weiver di jam 13.30-15.30.

***

Good luck buat yang mau apply Visa Jepang! πŸ™‚

 

Baca juga cerita perjalanan saya selama di Jepang :

  1. 9D8N Explore the Country-side of Japan : Itinerary and Costs Applied!
  2. Apply Visa Jepang Gampang Banget! Ini Dia Cara Mudah Apply Visa Negeri Sakura!
  3. 7 Kejutan di 24 Jam Pertama di Jepang!
  4. Pengalaman Jadi Gembel di Hokkaido, Jepang

Comments

  1. BaRT

    Wah pas banget nih, kebetulan ada temanku yang lagi cari info tentang pembuatan visa Jepang yang biasa.

    O iya, soal e-Passport yang rusak, memang benar tuh bakal ribet banget urusannya. Harus dijaga baik-baik. Kebetulan ada temanku yang ngalamin juga, e-Passport nya rusak dimakan rayap, padahal baru seminggu jadi. Pusiiing dia. Untungnya udah beres sih urusannya. Tapi tetap aja, pas aku dengar cara ngurusnya ,,, malesin juga. Lebih susah daripada bikin visa yang biasa.

    Anyway, thanks artikelnya Her. Bermanfaat banget ini.
    Selamat liburan ke Jepang yaaaa πŸ˜‰

    1. Post
      Author
  2. Fajarwalker

    Wahwah destinasi impianku sejak dulu nih, sayangnya belum kesampean πŸ™

    Btw baru tau banget ternyata passport itu ada aturan berlaku 6 bulan. Kalau tau gitu, saya buat aja deh dari sekarang. Masalah berangkat atau ngga nya urusan belakangan πŸ˜€ Nice info.

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Iya kalau bikin Visa Jepang ada peraturan itu. Kalo yang deket-deket kayak Malaysia dan Singapore masih bisa kesana walau passport belum 6 bulan. πŸ˜€
      Anyway, 6 bulan waktunya cukup lama, jadi recommend banget bikin passport sekarang hehe.

    1. Post
      Author
  3. Adie Riyanto

    Halo Heri, apakah pengajuan visa Jepang itu per-area sesuai KTP? Misal begini, saya tinggal di Jakarta, tapi KTP Surabaya. Apakah bisa apply di Jakarta atau harus di Kedubes Jepang yang ada di Surabaya. Mohon infonya. Terima kasih

    1. Post
      Author
  4. Pingback: 9D8N Explore the Country-side of Japan : Itinerary and Costs Applied! - Heriand.com

  5. Pingback: Pengalaman Jadi Gembel di Hokkaido, Jepang - Heriand.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *