8 Travel Blogger Indonesia Favorit Pilihan Heriand. Bisa Jadi Panutanmu Nih!


Setiap orang pasti punya idola masing-masing. Bicara tentang travel blogger, saat ini profesi travel blogger menjadi idaman orang-orang apalagi di Indonesia. Dari sekian banyak travel blogger yang saya tau atau kenal, ini dia para travel blogger pilihan saya sendiri. Kira-kira ada panutanmu gak yah?

***

Travel blogger sudah menjamur dari waktu ke waktu, dan jumlahnya akan terus meningkat tiada henti. Ada yang tetep nulis blog, ada yang vakum, bahkan ada juga yang blog-nya udah gak keurus lagi.

Dari beberapa travel blogger yang saya tau atau kenal, mereka bisa mempengaruhi pembacanya untuk mengikuti jejaknya. Blog mereka pun masih aktif membahas tentang cerita perjalanan mereka. Nah, dari sisi informasi yang diberikan, saya sangat menyukai tulisan mereka yang memang bisa menjadi acuan buat traveling saya nanti. Siapa aja ya?

 

[Baca juga : Bingung Dengan Hasil Foto Saya Selama Ini? Ini Dia Rahasianya!]

 

1. alidabdul.com – Alid Abdul

 

Siapa sih yang gak tau sama Alid Abdul? Cowok berdomisili di Jombang yang udah beberapa kali ke India ini terkenal akan cerita solo traveling-nya mengelilingi negara-negara Asia. Saking seringnya ke India, mungkin nantinya bakalan nikah sama cewek India kali yah. Hahahaha. Amin! πŸ˜€

Cerita-cerita jenaka yang juga ia tulis kadang menjadi hiburan buat para pembacanya. Alid juga masuk ke dalam Top 30 Travel Blogger Indonesia Terbaik loh, dan dia udah mulai nge-blog dari tahun 2007, jadi gak heran skill nulisnya udah oke banget!

Favorite Article :

  1. Karnaval Zaman Now Membosankan
  2. Ini Dia Trik Pergi Wisata yang Asyik!
  3. Bangalore dalam Sehari

 

2. deddyhuang.com – Deddy Huang

 

Blog Kokoh yang berdomisili di Palembang ini bisa jadi acuan kamu kalo pengen tau di Palembang ada apa aja. Sama-sama wong kito galo, blog Koh Deddy juga ngebahas tentang review gadget (laptop, HP) yang tentunya harus dibaca sebelum kamu membeli gadget. Kira-kira ada berapa laptop dan HP di rumahnya yah? Hahahaha.

Koh Deddy selalu masuk dalam jajaran Top Travel Bloggers Indonesia. Gak cuma traveling dan gadget, di blog-nya pun juga ngebahas tentang kuliner, review hotel, event, dan berbagai macam tips juga diberikan buat para pembacanya. Duh, 4 sehat 5 sempurna banget!

Favorite Article :

  1. Bagaimana Menghasilkan Uang dari Travel Blog
  2. Travel Guide : Dua Tempat Baru Habiskan Waktu Liburan di Palembang
  3. Traveling Sekarang Tak Seperti Dulu

 

3. bartzap.com – Bartian Rachmat

 

Jarang-jarang saya nemuin diveblog di Indonesia, dan salah satunya ada Mas BaRT yang pastinya udah mendapatkan sertifikasi scuba diving dan freediving! Ya karena emang sama-sama suka pantai, terlebih lagi Mas BaRT juga vlogger loh!

Selain tentang diveblog, tulisan Mas BaRT yang saya suka juga tentang Nepal dan India. Kini ia juga membuka open trip Nepal selama 12 hari. Berani explore Nepal? πŸ˜€

Favorite Article :

  1. Dive in The Makkah of Macro Photography
  2. Wisata Kuliner di India. Siapa Takut?
  3. Pantai Labuana Donggala: Pria Tanpa Ibu Jari, Suku Kaili, dan Pantai Tersembunyi

 

4. ohelterskelter.com – Yuki Anggia

 

Ini nih travel blogger cewek favoritku! Pernah gak sengaja ketemuan di sebuah acara daerah Senopati, anaknya kocak dan bikin ketawa terus! πŸ˜€

Punya passion traveling dan blogging sejak masih duduk di bangku kuliah, Yuki sudah mendapatkan banyak award karena tulisannya yang juga dimuat di majalah-majalah terkenal, seperti Kompas, Maxim Indonesia, dan National Geographic Traveler. Kalo dijabarin lagi kayaknya bisa sampe 2 halaman yah, hahahaha.

Buat kamu yang pengen jalan-jalan ke luar negeri, cek blog Yuki yang suka membagikan tips backpacking ke luar negeri dan tentunya informatif banget! Tenang, gak cuma luar negeri kok, bahkan destinasi domestik seperti Maluku dan Papua juga ada!

Favorite Article :

  1. Tips Backpacking ke London Cukup Sepuluh Jutaan
  2. Akihabara: Negeri Impian Para Otaku
  3. Pelesir di Kapal Pesiar Genting Dream, Impian Jadi Nyata!

 

5. ivegotago.com – Astari Ratnadya

 

Tari, atau biasa dipanggil Raisa, sudah 5 tahun menulis kehidupan pribadinya melalui blog. Ia meninggalkan pekerjaan kantoran di tahun 2017 demi keluar dari β€˜zona nyaman’ dan menjadi travel blogger. BIG APPLAUSE!

Blog-nya pun gak cuma tentang seputar traveling, tapi ada juga tips, lifestyle & beauty, sampai hotel pun pernah dia review. Dan ternyata… kita berdua sama-sama wong kito gilo galo! Hahahaha.

Favorite Article :

  1. Kehidupan yang Lebih Seru Setelah Resign
  2. Enak (Nggaknya) Jadi Travel Blogger
  3. Cara Mengganti Jadwal Penerbangan Citilink

 

6. hansutomo.com – Han S. Utomo

 

Lahir dan besar di Jayapura, Papua, membuat Hans memilih untuk menjadi travel blogger dari Papua sembari melakukan pekerjaannya sebagai bankir. Jarang-jarang kan ada blogger asli Papua? πŸ˜€

Hans sudah mulai nge-blog di tahun 2008. Selain artikelnya yang informatif banget, desain blog-nya juga keren banget dan sangat millenial! Saya aja kagum dengan desainnya sekeren itu. Hahaha.

Favorite Article :

  1. Misool, Surga Tersembunyi di Raja Ampat, Papua Barat
  2. Pesona Lembah Baliem Wamena, Papua
  3. Menikmati Eksotisme Pantai Bara, Bulukumba

 

7. jejakbocahilang.wordpress.com – Halim Santoso

 

Dari nama blog-nya udah jelas yah kalo Mas Halim ini hobinya traveling. Hehe. Lahir dan besar di Solo, blog Mas Halim ngebahas tentang objek wisata Solo, kuliner, candi, dan bangunan tua. POKOKNYA LENGKAP BANGET, apalagi saya yang suka banget makan! Hahahaha.

Eits, jangan salah loh, Mas Halim ini udah banyak banget mengunjungi kota-kota yang ada di Indonesia! Di Pulau Jawa aja sepertinya udah explore hampir semua kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mashook Mas Halim!

Favorite Article :

  1. Nostalgia Wiro Sableng di Gunung Sepikul
  2. Aneka Rasa Kuliner Banyumas
  3. Kala Kereta Api Argo Lawu Menyebar Aroma Kopi Seduh

 

8. thetravelearn.com – Matius Teguh Nugroho

 

Nah, cowok dengan panggilan Nugisuke ini suka banget traveling dan review hotel, terutama hotel-hotel di daerah Bandung. Nugisuke juga masuk jajaran Top 100 Travel Blogger Indonesia loh, dan tulisannya ini sangat informatif sampe harganya pun juga dicantumin! Ia juga suka ikut kompetisi blogging yang reward-nya juga traveling. Enak juga ya? πŸ˜€

Kalo kamu pengen tau hotel mana aja yang recommended di Jawa Barat (terutama Bandung), tinggal buka blog-nya Nugisuke. Gak cuma Jawa Barat kok, kota-kota lainnya juga ada banget!

Favorite Article :

  1. Tips Bikin Liburan Jadi Mudah dengan Internet (Selain Booking Hotel dan Pesawat)
  2. #UltimateTravelmate: 3 Host, 3 Negara, 3 Cerita
  3. Mempersiapkan Liburan ke Universal Studios Japan

 

[Baca juga : Tips Mendapatkan Teman Traveling di Instagram]

***

Nah, itu dia para travel blogger yang jadi favorit saya. Favoritmu yang mana? Atau ada yang belum disebutin? πŸ™‚

Comments

  1. Alid Abdul

    Duh kaaaan aku jadi terhuraaaaa masuk daftar favorit, unch unch deh. Eh itu si Koko Halim dicoret saja dari daftar. Dia uda pensiuuuuuuuuuuuunnnnnnn *digemplang*

    Dari semuanya yang belum ketemu Om Bart, Kak Anggia, Kak Tari, dan Hans.

    Eh kau belum tau yak domain kak Hans dulu apa, narziz[.]net dan desainnya asli alay bhuahaha. Eh ampuuun *jepret mulut*

    1. Post
      Author
      1. Post
        Author
  2. BaRT

    Kaget banget pas dapat notifikasi masuk dalam daftar ini. Terimakasih banget Her, aku merasa tersanjung sekaligus tercambuk. Karena belakangan udah mulai agak berkurang frekuensi update tulisannya, karena beberapa kendala teknis. Tapi insya Allah akan lebih gencar lagi setelah ini.

    Terimakasih sekali lagi, karena sudah dimasukkan ke dalam daftar bareng blogger-blogger kece se-Indonesia.

    I adore your works too πŸ™‚

    1. Post
      Author
      1. BaRT

        Kerjaan dan laptop sempat bermasalah agak lama, jadi segala file dan editan gak bisa diapa-apain berbulan-bulan.
        Alhamdulillah ini udah mulai normal lagi.

        Kalau melaut sih yaaa, mau gak mau hahahaha.
        Masih harus cari dana sendiri khan buat jalan-jalannya πŸ˜€

    1. Post
      Author
  3. Hans

    Trus akunya kaget dong dapet email notifikasi hahahah.
    Gercep ya, padahal baru beberapa haru lalu ngomongnya, kwkwkw πŸ˜…
    Wah wah, jadi terharus. Ehhehe.
    Blog kamu juga aku juga pak, enak dibacanya.
    Ukuran fontnya pas dan gak rame.
    Simpel lah. Ntap! 😁

    1. Post
      Author
  4. yuki anggia putri

    wuah wuah, makasiiih banget Heri di-feature di sini, gue juga seneng banget bisa nambah temen blogger baru, biasalah walaupun seringnya ketemu di event klien hahaha…

    semoga next bisa jalan ke mana gitu barengan ya, dan gue lagi seneng banget baca cerita India, semoga bisa kesampaian juga ke Indiheeeee. πŸ˜‰

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  5. Matius Teguh Nugroho

    Heri, it is such a great honor to be featured here. Nama-nama yang kamu sebutkan di atas semuanya memang blogger berkualitas dan semuanya jadi langganan blogwalking-ku. Cuma kak Yuki, mas Bartian, sama Hans yang belum pernah ketemu. Selebihnya, puji Tuhan sudah, selalu belajar banyak hal saat bertemu mereka.

    Semoga kapan-kapan kita juga bisa bertemu, ya. Entah jalan bareng atau sekadar ketemu di acara blogger πŸ™‚

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  6. Halim

    Yayyy, terima kasih sudah dimasukin dalam daftar 8 travel blogger favorit-nya Heriand.com. Seneng dehhh. Ayoklah main ke Solo, akan kutraktir makanan khas Solo yang uenak-uenak sampe perut buncit. Hahaha.

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  7. Raisa

    Ya Ampun fotoku waktu masih Tirus wahahahahaha!!!
    Kita pertama kali ketemu pun di daerah Senopati kak. Soon kalo udah balik Jakarta kabar kabarin yah.

    Dan dari semua list diatas, ternyata ada beberapa juga yang aku belum pernah ketemuan secara langsung. *Semoga semesta mendukung untuk ebrtemu mereka. Btw you sangat produktive banget! Tanggal 12 September bisa tiga artikel naik. Proud!!! Wong Kito Galo.

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Udah balik Jekardah ini, Raisa. Sekalian ngobrol-ngobrol gimana kehidupanmu setelah menikah sama Hamish. *eh πŸ˜€
      Maklum, pengen aktif di dunia blogging juga. Akhir-akhir ini banyak minta tips jadinya bikin di blog hehe.

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  8. Bara Anggara

    Idolaque semua juga tuh Her.. Sayang belum pernah ketemuan sama 1 pun dari daftar itu,, semoga bisa ketemu semuanya.. maklum aktif bangun travel blog juga baru 1 tahunan ini (2 tahun lah kalau dari bikinnya wkwk), jadi baru bertegur sapa lewat online aja..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *