Tips Traveling yang Aman Saat Sering Terjadi Bencana Alam

Melihat bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi di Indonesia, rasanya agak was-was buat traveling dengan kondisi seperti ini. Kira-kira enaknya gimana ya biar traveling bisa tetep dilakuin meskipun kondisinya lagi sering terjadi bencana alam?

 ***

Gunung. Laut. Air terjun. Musim panas (halah).

Siapa sih yang gak mau ngetrip setelah Lebaran di bulan Juli – September ini? Well, di bulan-bulan ini emang pas banget buat kamu ngetrip. Cuaca cerah dan uang numpuk gara-gara THR bikin kamu makin semangat buat mengunjungi tempat-tempat wisata yang kamu impikan. Sayang rasanya kalo ngelewatin summertime madness bareng travelmate kamu.

Nah, akhir-akhir ini bencana alam sering terjadi di Indonesia. Gempa di Lombok, longsor di Rinjani, ombak sampai masuk melewati perbatasan pantai Jawa dan Bali, duh… rasanya bikin was-was mau ngetrip atau engga.

Buat kamu yang udah pengen banget ngetrip, atau udah terlanjur beli tiket penerbangan maupun jalur darat, ini dia tips jitu agar traveling kamu tetap terlaksana dengan aman dan nyaman!

 

“Hati-hati saat mendaki gunung, apalagi pas ada gempa”

 

1. Hindari Tempat Wisata yang Rawan Bencana Alam

Ga bisa dipungkiri lagi, alam sedang “buas” saat kamu ingin menikmati keindahan alam itu sendiri. Ada baiknya kamu mengganti destinasi wisata yang lebih aman.

Kalo kamu pingin mendaki gunung, maka urungkan niatmu dan pilih objek wisata yang lebih aman dan nyaman, misalnya wisata kota. Gempa di gunung dapat mengakibatkan longsor yang sangat berbahaya buat keselamatan dirimu.

Kalo kamu pingin ke pantai, maka jagalah dirimu baik-baik dan jangan sampai terseret ombak. Bermainlah hanya di tepi pantai. Barang-barang yang kamu bawa diletakkan jauh dari hantaman ombak. Kalau diletakkan jauh dari tepi pantai (misalnya di penginapan) akan lebih bagus.

Wisata curug atau air terjun mungkin terdengar lebih menarik. Tapi kamu harus hati-hati juga jika terjadi gempa dan dapat mengakibatkan longsor. Curug di daerah Bogor, Subang, atau Bali bisa kamu coba nikmati keindahannya.

 

“Nyurug emang lagi jamannya, tapi hati-hati juga saat dalam perjalanan menuju curugnya”

 

[Baca juga : 5 Curug Dengan Akses Gampang Dan Harus Kamu Kunjungi]

 

2. Wisata Kota dan Kuliner

Kalo biasanya kamu traveling di alam bebas, nah sekarang waktunya mencoba wisata kota atau kuliner! Kota Jogja, Solo, dan Malang bisa menjadi referensi kamu buat menikmati keindahan bangunan sejarah sambil menyantap hidangan khas dari kota-kota tersebut.

 

3. Bawa First Aid

Perlengkapan P3K mungkin bisa bikin bawaanmu lebih berat, tapi percayalah benda-benda ini berguna banget. Untuk jaga-jaga kalo nanti terjadi bencana alam saat kamu lagi traveling, bawalah plester luka, antiseptik, perban, gunting, obat penghilang rasa sakit, dan sebagainya.

 

“Ke pantai kalo lautnya tenang kayak gini pasti nyaman banget!”

 

4. Rajin Nyari Info Tentang Keadaan Sekitar Destinasi Wisata

Nah, ini penting banget buat kamu yang mau traveling saat sering terjadi bencana alam. Informasi tentang gempa bumi, gelombang ombak, cuaca, sampai kota yang akan kamu kunjungi bisa kamu cari di situs berita online atau akun-akun Twitter. Saya pribadi selalu mengecek akun Twitter @infoBMKG sebelum melakukan traveling, apalagi buat dapetin informasi terkait cuaca di kota yang akan dikunjungi.

 

5. Batalkan Niatmu dan Tidur!

Ini merupakan pilihan yang terbaik. Singkat. Padat. Jelas!

 

[Baca juga : Cuma 5 Jutaan Bisa Explore India dalam 8 Hari di 5 Kota!]

***

Gimana persiapan traveling kamu? Tetap jaga dirimu baik-baik selama traveling ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *