Pengalaman Ngedit Vlog Pertama Cuma 10 Hari Pakai Premiere Pro

Ngedit vlog itu gampang banget, cuma cut video sana-sini ditambah lagu yang cocok dengan videonya. Tapi saya punya pemikiran lain : kalo ngedit-nya gak se-simple itu gimana ya? Mau ditambah effect apa lagi? Nah, baca artikel ini buat nambah ilmu kamu di dunia ngedit video!

 ***

Bikin konten itu sangat menyenangkan bagi diri saya sendiri. Kalo sebelumnya udah pernah kasih tutorial ngedit foto, kali ini saya mulai merambah ke dunia ngedit video. Well, cita-cita saya memang pengen jadi traveler sekaligus content creator dengan konsep yang berbeda dari para traveler di Indonesia. 🙂

Nah, kenapa saya pengen bikin vlog? Jawabannya simple, karena iseng aja sih. Hahaha. Yuk coba ditonton dulu vlog yang udah saya bikin di YouTube.

 

 

 

Gimana? Udah nonton vlog yang saya bikin? Iya paham kok, masih banyak yang kurang. Kali ini saya mau share pengalaman saya ngedit video kayak di atas.

 

Konsep

Vlog atau Video-Blog memang lagi kekinian banget di kalangan traveler. Kalo di blog biasanya saya cuma menulis dan menampilkan foto-foto hasil traveling, vlog yang saya bikin punya konsep “You See What I See”. Intinya, kamu bisa melihat keindahan wisata yang saya kunjungi beserta informasi yang akurat saat berada di tempat tersebut. Kemudian saya kemas videonya menjadi lebih ciamik dan layak ditonton, sehingga kamu akan lebih tertarik untuk mengunjungi objek wisata tersebut.

Sebelum bikin vlog, hal-hal yang saya pikirkan :

  1. Alur cerita apa yang ingin saya tampilkan?
  2. Apakah video yang dikumpulkan udah mencukupi untuk dibikin vlog?
  3. Gimana caranya agar penonton tetep nonton sampai selesai?

 

Durasi

Rata-rata orang bikin vlog yaitu 5-8 menit. Kalau kurang dari 5 menit terasa sebentar banget, tapi kalo lewat dari 8 menit kesannya akan membosankan. Konon ada yang bilang juga kalo vlog orang Indonesia itu ngebosenin. Lalu, gimana caranya supaya vlog tetep ditonton sampai selesai?

Nah, ini yang kalo menurut saya agak tricky. Saya dituntut untuk think creative and be different than others. Alur cerita yang gampang diikuti bakalan bikin penonton tetep stay sampe durasi videonya habis. Konten yang menarik juga ngaruh banget, misalnya ada lelucon atau sesuatu yang bikin penonton amaze. Vlog yang informatif juga penting banget loh, karena penonton juga pastinya pengen dapetin sesuatu dari apa yang ia tonton.

Kalo kamu udah ketemu cara yang tepat… dijamin deh, mau durasi videonya se-panjang apapun gak akan ngaruh!

 

“Serunya ngedit video pake Premiere Pro”

 

Musik

Video itu gak cuma vision, tapi penonton juga ikut mendengar pesan apa yang ada di dalam video tersebut. Musik atau lagu yang cocok bakalan bikin penonton ikut merasakan suasana seperti apa yang sedang terjadi di video yang ia tonton.

Pemilihan musik bisa dibilang cukup kompleks, karena musik akan ngaruh ke perasaan penonton. Biasanya saya mencari musik dari YouTube dengan keyword “no copyright music”. Pentingnya menggunakan kategori musik ini karena kalau kamu sembarangan menggunakan musik, video kamu akan diklaim oleh produsernya dan kemungkinan besar videonya akan di-mute oleh pihak YouTube.

Beberapa musik juga saya dapatkan dari hasil googling.

 

Tone

Nah, kalo menurut saya ini penting banget ngasih tone ke dalam vlog. Warna video yang itu-itu aja bakalan ngebosenin, ada baiknya dikasih tone biar penonton lebih tertarik nonton vlog-nya.

Saya sendiri masih menggunakan preset atau LUT (Lumetri) Premiere Pro dari hasil googling. Download LUT yang biasa saya gunakan di sini.

 

“Awal buka Premiere Pro dibikin bingung sama istilah-istilah yang belum pernah didenger sebelumnya”

 

Referensi

Karena baru pemula, jadinya saya butuh banyak referensi tutorial tentang cara ngedit video pake Premiere Pro. Video dari akun YouTube Orange83 berguna banget buat pemula seperti saya. Mereka juga ngasih video transition secara GRATIS!!

Kategori vlog saya yaitu traveling. Artinya, saya harus sering-sering nontonin vlog orang lain biar bisa bikin vlog yang lebih baik sesuai selera saya. Video-video keren dari Sam Kolder, TaylorCutFilms, DoYouTravel, dan Beautiful Destinations bisa nambah ilmu kamu.

 

“Video dari TaylorCutFilms”

 

Pengerjaan

Percaya gak, kalo saya cuma bikin vlog cuma 10 hari tanpa ada skill ngedit video pake aplikasi Premiere Pro? Awal ngedit video saya dibikin kebingungan dengan fitur-fitur dan istilah yang baru saya dengar di dalam aplikasi ini. Dengan memakai ilmu ngedit foto saya (seperti biasa) dan dari berbagai referensi, akhirnya jadilah vlog yang kece. Yaaa… at least masih layak ditonton lah. Hahahaha.

10 hari itu sebenernya waktu yang cukup lama buat ngedit video, tapi karena saya kelamaan bikin konsep dan nyobain effect yang macem-macem jadinya gak kelar-kelar deh. 🙂

***

Bikin konten yang menarik merupakan challenge bagi diri kamu sendiri. Jadi, siap bikin travel vlog kamu? 🙂

Comments

    1. Post
      Author
  1. Bara Anggara

    Gilaaa, vlog pertama tapi udah keren banget bro.. Ini gue jg lagi mau bikin vlog,, kebetulan untuk vlog pertama nanti udh ada video2nya tapi kayanya kurang bgt deh ngeshootnya,, wkwk.. Buat next project berarti harus dibanyakin lagi videonya..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Post
      Author
  2. Hans

    Gue orangnya gak pedean sih, jadi kalo buat ngevlog kayaknya nggak dulu. Hahaha.
    Eh tapi itu hasilnya bagus sih.
    Bolehlah kapan2 aku cobain kalo niat ngevlognya udah muncul, kwkwk 😀

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *