5 Hal Menarik yang Bakal Bikin Kamu Pingin Mengunjungi Bima

Mau mengunjungi Bima? Nah, kamu harus tau terlebih dahulu apa saja hal-hal menarik yang ada di Bima. Mulai dari culture, makanan, sampai destinasi wisatanya!

***

Mengunjungi kota-kota yang masih belum banyak dikunjungi merupakan salah satu hobi saya. Di samping memahami tentang kultur oleh masyarakat setempat, saya juga mengajak para wisatawan agar dapat mengunjungi kota tersebut. Dan dari sekian banyak kota yang pernah saya kunjungi, Bima merupakan salah satu kota yang patut dikunjungi para wisatawan.

Beberapa traveler pernah saya tanyakan ke mereka, “Kamu tau Bima?” dan jawabannya hampir sama semua : “Ada Pelabuhan Sape buat menyeberang ke Flores atau Sumba”. Ya sebenernya gak salah juga sih, Pelabuhan Sape merupakan gerbang menuju Nusa Tenggara Timur dan memang setiap harinya pasti ramai oleh para wisatawan.

 

“Kota Bima, dilihat dari Lare-lare perbatasan”

 

Bima merupakan salah satu kabupaten di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dijuluki “Kota Tepian Air” karena kota ini berbatasan dengan air, baik itu sungai, laut, dan danau. Kata “Bima” dalam bahasa Jawa berarti “sakti”. Dulunya, sang Bima datang ke kota (yang sekarang disebut kota Bima) dengan pohon enau. Nah, beliau lah yang membawa nama Bima sampai saat ini.

Istilah “mbojo” yang berarti “orang Bima” sering digunakan dalam percakapan sehari-hari penduduk Bima. Dulunya, suku Mbojo menghuni kawasan pesisir pantai dan merupakan suatu ras bangsa campuran dengan orang Bugis-Makassar.

Menurut beberapa artikel yang saya baca, Bima mempunyai potensi wisata yang sangat besar dan bisa menggaet para wisatawan. Pemerintah kota Bima berupaya menarik wisatawan yang berkunjung ke Flores, Nusa Tenggara Timur, agar bisa singgah dan berwisata di Bima. Secara geografis, jarak dari Pelabuhan Sape Bima menuju Labuan Bajo berdekatan, hanya 8 jam melalui jalur laut.

Untuk menuju kota Bima bisa melalui jalur darat, laut, atau udara. Melalui jalur darat dan laut, sudah disediakan beberapa travel atau bus dengan rute Bali – Lombok – Sumbawa – Bima. Atau jika ingin melalui jalur udara, kamu bisa menggunakan pesawat ke Bima dari Bali atau Lombok.

Lalu, kenapa kamu harus banget ke Bima? Ini dia 5 fakta menarik yang bakal bikin kamu pingin mengunjungi Bima.

 

1. Penduduk Bima yang Super Ramah-Tamah

 

“Kota Bima dengan view perbukitan”

 

Selama saya berada di Bima, sama sekali ga ada kesan buruk kepada penduduk Bima. Penduduk Bima sangat ramah kepada para wisatawan, dan mereka sangat welcome kalo ada wisatawan yang berkunjung ke Bima.

Memang, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Bima. Saya pernah diajak untuk tinggal selama beberapa minggu di Bima, agar bisa lebih puas keliling Bima sampai ke pelosoknya. Tawaran pun saya tolak karena saya harus mencari sesuap nasi di ibu kota. But to be honest, sempat kepikiran untuk tinggal di Bima karena penduduknya yang baik banget dan bikin nyaman! Hahahaha.

Oh ya, hampir 100% penduduk Bima beragama Islam. Jadi pastinya ada banyak masjid di kota Bima ya. 🙂

 

2. Wajib Nyobain Salome!

Apa itu salome? Mungkin kalo orang Jakarta menyebutnya cilok kali ya. Bedanya, salome berukuran lebih besar dan ada sambel khusus yang dibuat oleh orang Bima. Salome terbuat dari daging ikan, karena Bima kaya akan hasil lautnya.

Salome bisa kamu temui di mana aja di kota Bima. Selama di Bima, saya biasa membeli salome di Lapangan Serasuba dengan pilihan salome goreng atau rebus. Di lapangan ini juga ada banyak jajanan dengan harga yang murah, dan setiap malamnya ada penampilan band.

 

“Penjual salome”

 

“Mencicipi salome goreng”

 

“Suasana Lapangan Serasuba di malam hari”

 

3. Culture Shock : Kuburan di Mana-mana?

Kalo di poin pertama tadi saya bilang ada banyak masjid, kuburan pun juga ada di mana-mana! Cukup kaget dan parno saat saya berada di Bima pada malam hari. Kalo di Jakarta pemakaman disentralkan di suatu tempat. Sedangkan kalo di Bima pemakaman bisa aja persis di samping rumah warga. Tanah kosong bisa dijadikan tempat pemakaman atas seizin pemilik tanah.

 

4. Destinasi Wisata yang Banyak Banget!

Jujur aja, selama saya di Bima, saya kebingungan mau ke tempat wisata mana. Banyak banget tempat wisata (terutama pantai) yang ingin saya kunjungi, alhasil saya harus memilah dan menyesuaikan dengan waktu.

Di kota Bima terdapat Teluk Bima, dengan view teluk dan perbukitan nan cantik. Cocok buat kamu yang ingin menyaksikan sunset di tempat ini. Ada juga Pantai Sonumbe buat kamu yang ingin camping atau snorkeling di sekitar pantai.

 

“Menikmati sunset di Teluk Bima”

 

“Keindahan sunset dapat dilihat dari kota Bima”

 

Kalo kamu menuju utara Bima, maka kamu akan sampai di Kecamatan Wera. Terdapat Pulau Sangiang dan Pulau Ular yang sangat terkenal dengan ular lautnya yang suka naik ke atas pulau, cocok buat kamu yang ingin merasakan wisata ekstrim.

Ada juga Pantai Lariti dan Uma Lengge Wawo di Kecamatan Wawo. Kalo kamu ingin sailing trip di Bima, kamu bisa mengunjungi Pink Beach Bima, Nisa Ndoko, Tanjung Meriam, Pulau Kelapa, aaaaah… banyak banget destinasi wisatanya!

 

“Bukit-bukit nan cantik di Wera”

 

“Sunset di Pantai Sangiang”

 

“Sunrise di Pantai Lariti”

 

“Uma Lengge Wawo”

 

5. Sailing Trip ke Pink Beach Bima

Gak ke Bima kalo ga mengunjungi Pink Beach Bima. Inilah yang selalu dibilang sama orang Bima ke para wisatawan. Dan benar saja, saya sangat terpukau dengan Pink Beach Bima yang indah!

Pasir di Pink Beach Bima benar-benar masih pink/merah, sangat berbeda dari Pink Beach Lombok atau Flores. Belum lagi view lautnya yang keren banget!

 

“Keindahan Pink Beach Bima”

 

“Nisa Ndoko yang kece banget!”

 

[Baca juga : Pink Beach Bima dan Nisa Ndoko, 2 Pantai yang Tak Kalah Indah dengan Taman Nasional Komodo]

***

Gimana? Udah beli tiket ke Bima? Dijamin gak bakalan nyesel dateng ke Bima!

Comments

    1. Post
      Author
  1. liana

    Parah parah! Bima cantik banget ya kak. Ciamik banget wisata dan kulinernya.
    Bikin mau ke sana haha kudu semangat nabung ini mah 😀

    Thanks for sharing kak Her,
    Keep writing!

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. dinilint

    Aku udah sering denger cerita tentang Bima dari temen kuliah yang asal Bima.
    Baca artikel ini tambah pengen deh maen ke Bima.
    Masukin wishlist dulu ah

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *