Gunung Munara Rumpin, Menyuguhkan View Apik Kota Bogor dan Gampang Kamu Daki. Pas Buat Pendaki Pemula!

Buat kamu yang suka hiking, gak ada salahnya nyobain mendaki Gunung Munara Rumpin. Dengan alam yang masih sangat alami, kamu akan merasa seperti Tarzan loh! Nah, kira-kira seserem apa ya mendaki Gunung Munara ini?

***

Mendengar kata “gunung”, saya langsung ragu-ragu apakah bisa mendaki gunung karena sebelumnya bener-bener belum pernah naik gunung. Apakah butuh persiapan matang, mengingat saya udah jarang olah raga? Apakah cuaca aman? Apakah bakalan nginep? Bodo amat, saya harus naik Gunung Munara apapun yang terjadi!

Gunung Munara terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Bogor, dan mempunyai ketinggian 756 mdpl. Walau ga terlalu tinggi, gunung ini menyuguhkan lanskap yang sangat indah dari puncaknya. Untuk sampai ke puncaknya kira-kira membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Well, sebenernya agak sulit kalo disebut “gunung”, mengingat gunung ini gak terlalu tinggi seperti Gunung Semeru atau Gunung Gede. Banyak spot yang bisa dijadikan objek berfoto di tempat ini.

 

[Baca juga : Pantai Lariti, Punya Sunrise yang Juara. Kamu Harus Segera Liburan ke Bima!]

 

Perjalanan ke Gunung Munara Rumpin

Bersama @donilaksono , kita berangkat dari Jakarta menuju Gunung Munara HANYA menggunakan GPS. Arahkan posisi saat ini dengan “Bukit Munara” sebagai destinasinya. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan motor, atau 2 jam menggunakan mobil dengan melewati tol.

 


 

Tidak ada persiapan khusus buat ke Gunung Munara. Saya menyiapkan jas hujan kalo-kalo nanti hujan di tengah perjalanan. Selain itu, masker harus digunakan selama perjalanan kalo kamu menggunakan motor. Sendal gunung atau sepatu gunung ada baiknya dipakai selama trekking.

 

“Puncak Gunung Munara”

 

“View hutan menjadi favorit selama di Gunung Munara”

 

Gunung Munara Rasa Tarzan

Sesampainya di parkiran motor sebelum trekking ke Gunung Munara, kita harus membayar tiket masuk Rp 15.000,-/orang dan parkir motor Rp 5.000,-. Trekking memakan waktu sekitar 45 menit.

Selama trekking, kamu akan disuguhi berbagai macam objek wisata, seperti Goa Sukarno, Batu Tapak Si Kabayan, Batu Menara Azan, Gadogan Kuda, dan Goa Batu Belah. Beberapa warung dan toilet juga sudah ada selama perjalanan.

 

“Trekking menuju puncak Gunung Munara”

 

“Pohon yang sudah tumbuh berpuluh-puluh tahun”

 

“Sudah disediakan tali tambang buat naik ke puncak”

 

“View kota Bogor dari puncak Gunung Munara. Keren!”

 

Nah, hal yang sangat menarik perhatian saya yaitu alamnya yang masih sangat alami dengan view seperti di zaman purbakala. Tampak pepohonan yang sudah lama tumbuh di sekitar batu dan goa. Berasa kayak Tarzan!

Rasanya agak sulit dibilang kalo Gunung Munara ini dikategorikan “gunung”. Gunung Munara lebih ke bukit-bukit batu yang curam. Butuh effort yang cukup tinggi agar bisa sampai di puncaknya, sudah tersedia tali tambang agak kamu lebih gampang menaikinya.

Saat trekking bakalan ada 2 bukit yang jaraknya berdekatan. Kamu bisa menaikinya menggunakan tali tambang yang sudah disediakan. Kedua bukit ini bukanlah yang tertinggi; ada 1 bukit yang paling tinggi dan konon butuh waktu setengah jam untuk sampai di puncaknya. Tenang saja, menurut warga sekitar ada warung di puncaknya, bahkan kamu juga bisa camping di puncak ini.

 

“Serem juga ya kalo dilihat dari samping…”

 

“Menjelajahi hutan Gunung Munara”

 

“Masih di sekitar Gunung Munara yang keren!”

 

[Baca juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang ke Suoh Lampung!]

***

Menarik, bukan? Kalau kamu ke sini, jangan lupa akan keselamatanmu juga ya! 🙂

Comments

  1. Ulpahsm

    Saya waktu ke sini hasil fotonya biasa aja, abis ngeliat tulisan ini jd pengen maksimalin keadaan di sana ah 😀 Lgsg ngajak temen buat jalan Minggu ini 🙈

    1. Post
      Author
  2. Ulpahsm

    Saya waktu ke sini hasil fotonya biasa aja, abis ngeliat tulisan ini jd pengen maksimalin keadaan di sana ah 😀 Lgsg ngajak temen buat jalan Minggu ini hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *