Tutorial Photo Editing (Ep.2) – Gunakan Snapseed Untuk Mengubah Perspektif Foto

Foto kamu terlalu miring ke kiri atau ke kanan? Atau pengen ngubah warna air jadi biru? Ini dia solusinya!

***

Sepulang dari jalan-jalan, pernah gak kamu ngerasa kalo foto-fotomu ada yang kurang? Entah itu fotonya terlalu bengkok, terlalu miring ke kiri/kanan, kurang ke atas/bawah, bahkan pas ke curug pun airnya coklat gara-gara habis hujan. Nah, kali ini saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi Snapseed. Aplikasi ini bisa kamu download di gadget manapun.

Walaupun sudah banyak orang yang men-download aplikasi Snapseed, ada juga yang kurang begitu paham dengan fitur-fiturnya. Padahal, aplikasi yang dikembangkan Google ini mempunyai fitur canggih yang sangat berguna untuk menutupi kekurangan fotomu!

Fitur-fitur yang ada di Snapseed termasuk simple dan powerful, juga user-friendly. Kamu bisa menggunakan Snapseed sebagai aplikasi pertama buat ngedit foto.

Berikut ini pembahasan fitur-fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengubah perspektif fotomu.

P.S.: Tips ini sempat viral di Twitter. Pernah juga dibahas di LINE TODAY dan Hai Online.

 

[Baca juga : Tutorial Photo Editing (Ep.1) – Gunakan Lightroom For Phone]

 

1. Perspective

Gunakan fitur Perspective untuk mengatur dimensi foto. Kamu bisa geser ke kiri-kanan atau atas-bawah untuk mengatur dimensinya.

Ajaibnya, warna hitam di setiap perubahan yang kamu lakukan akan menjadi warna baru. Snapseed akan meng-copy field kosong dengan warna dominan di sekitar field tersebut, sehingga menghasilkan foto baru yang lebih kece!

Di fitur Perspective juga ada pilihan Tilt, Rotate, Scale, dan Free. Saya sendiri biasanya hanya menggunakan Tilt.

“Fitur Perspective dengan pilihan Tilt”
“Fitur Perspective dengan pilihan Rotate”

 

2. Expand

Fitur Expand digunakan untuk menambah skala (scale) foto kamu. Geser ke kiri-kanan-atas-bawah untuk meng-ekspansi fotomu.

Gunakan fitur ini pada foto yang punya field sama rata, sehingga ga bikin hasil editanmu kacau. Misalnya seperti langit, air, dan rumput.

“Fitur Expand. Kalau fotonya ada field sama rata, jadinya lebih enak ngeditnya”
“Kalau field-nya gak sama rata, jadi horror kan?”

3. Selective

Gunakan fitur Selective untuk memperjelas objek tertentu. Tap warna pada objek itu, kemudian atur Brightness, Contrast, Saturation, dan Structure. Yang selalu saya gunakan yaitu Structure untuk objek-objek yang blur atau ga terlalu jelas.

“Menggunakan fitur Selective di objek foto agar keliatan lebih jelas”

Di fitur Selective, kamu juga bisa mengatur seberapa besar skalanya pada warna yang sama. Gunakan kedua jari tangan kamu untuk memperbesar atau memperkecil skala warna.

“Zoom-in fotomu, kemudian gunakan kedua jari agar bisa mengatur skala lingkaran”

Kamu juga bisa menambah warna lain yang ingin kamu edit. Pilih tombol + di screen paling bawah.

“Menambah warna lain yang bisa di-edit”

 

4. Brush

Kamu tau fungsinya Kuas/Brush? Yak, untuk mengecat fotomu agar warnanya keliatan lebih berbeda. Kamu bisa memilih Dodge & Burn, Exposure, Temperature, dan Saturation. Gosok di bagian tertentu di fotomu.

Saya sendiri hanya menggunakan Temperature dengan skala -5. Ini nih rahasia di balik birunya air!

Terkadang saya juga menggunakan Exposure dengan skala +0,3 agar foto air terjunnya terlihat lebih banyak airnya. Hahahaha.

 

“Membuat air menjadi warna biru menggunakan fitur Brush –> Temperature”
“Terkadang saya juga menggunakan Exposure”
[Baca juga : Bingung Dengan Hasil Foto Saya Selama Ini? Ini Dia Rahasianya!]

 

5. Healing

Gunakan fitur Healing untuk β€œmenghapus” sesuatu yang tidak perlu. Objek kecil seperti manusia atau sampah berserakan bisa kamu hapus dengan fitur ini.

Saya sarankan untuk menghapus objek yang di sekitarnya ada field polos atau sama rata. Kalau engga nanti malah fotonya terlihat kacau.

“Field polos atau sama rata lebih gampang di-healing”
“Kalau fotonya seperti ini bakalan susah banget objek-nya dihapus”

 

Nah, kelima fitur di atas termasuk fitur-fitur yang biasa saya gunakan. Lalu di Snapseed ada fitur menarik apa lagi ya?

 

6. Lens Blur

Gunakan fitur Lens Blur kalau fotomu ingin fokus ke suatu objek. Berbeda dengan aplikasi lainnya, fokus dapat dipindahkan sesuka hatimu. Bahkan kamu bisa memilih lingkaran fokus menjadi pipih atau lebih besar/kecil!

Kamu bisa memilih Blur Strength, Transition, Vignette Strength. Saya sendiri kurang menyukai Vignette Strength, makanya saya pasti menurunkan skalanya jadi 0.

“Menggunakan fitur Lens Blur”

 

7. Vignette

Hampir sama seperti Vignette Strength, fitur Vignette memberi kesan fokus pada fotomu TANPA memberi blur. Kamu bisa memilih Outer Brightness dan Inner Brightness untuk mengatur cerah-gelapnya vignette.

Fitur ini jarang saya gunakan karena saya sendiri lebih menyukai foto cerah. Kalau saya gunakan juga pasti Outer Brightness-nya tidak kurang dari -10.

“Fitur Vignette digunakan untuk memberi fokus pada objek tertentu”

 

8. Text

Nah, fitur ini juga favorit saya untuk bisa dimasukkan ke Instastory. Kamu bisa memberi tulisan (text) di foto sesuai keinginanmu. Format text, warna, dan opacity bisa kamu pilih sesuai seleramu.

“Fitur Text yang sangat atraktif”

***

Gimana? Udah paham dengan aplikasi Snapseed? πŸ™‚

Comments

    1. Post
      Author
  1. Lutfi Retno

    Aku pakai snapsheed juga. Tapi suka males ngedit jadi cuma ngoreksi cahaya saja. Kalo lagi butuh foto bagus, tinggal nyuruh suami ngeditin πŸ˜€ Etapi harus mulai belajar ngedit sendiri dink. Coba ah nanti mainan ngubah warna air.

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *