Bingung Dengan Hasil Foto Saya Selama Ini? Ini Dia Rahasianya!

Artikel pertama saya tentang curhat!

***

Di kala suntuk dengan banyak project yang lagi dikerjain, saya selalu buka Instagram agar otak bisa sedikit refresh. Posting foto atau Instastory pun terkadang saya lakukan di kala sedang mumet. Kadang saya juga membuka Direct Message (DM), dan kamu tau persentase isinya apa?

“Followback bro” – 50%

“Boleh repost fotonya?” – 20%

“Foto-fotonya keren bang, pake kamera apa?” – 30%

 

Nah, banyak banget yang nanya ke saya kalo saya foto itu pake kamera apa. Bahkan pengguna Instagram yang punya kamera bagus banget pun pernah nanya ke saya. Dan kamu tau apa jawaban saya???

Cuma pake iPhone 5S!

Entah iPhone ini keluaran tahun berapa, mungkin sekitar 2012 atau 2013, yang pasti udah jadul banget dibandingkan dengan ponsel keluaran Apple terbaru lainnya.

 

[Baca juga : Tips Mendapatkan Teman Traveling Di Instagram]

 

Selama ini, saya selalu berpikir kalo kamera HP bisa menandingi kamera-kamera mahal seperti Fujifilm atau Canon, dan gamau ribet bawa kamera karena nantinya juga foto pake kamera HP. Pun saya juga sebenernya punya kamera GoPro, tapi udah lama banget ga digunain karena udah jarang snorkeling.

Kalo ditanya tentang hasil foto, tentu aja foto pake kamera HP kalah telak sama kamera Fujifilm, Canon, Sony, atau kamera bermerk lainnya; yang secara fungsional memang digunain buat foto atau video. Tapi gimana caranya biar bisa memaksimalkan hasil foto dari kamera HP?

Nah, jadilah #TravelerPakeKameraHP !

Yuk simak tips ampuh dari que ini!

 

Jadi kalo foto harus pake iPhone?

Jawabannya : TIDAK SAMA SEKALI. Kalo kamu punya Android malahan lebih bagus. Salah satu kelemahan iPhone yaitu ga bisa foto di tempat yang gelap atau tempat yang terkena banyak sinar matahari.

Sebenernya, yang perlu kamu pahami yaitu setting kamera di HP kamu. Kamu tinggal mengotak-atik dan mencoba setiap setting-nya. Yang perlu kamu tau :

  • Gimana caranya biar foto fokus di satu benda?
  • Gimana setting kalo di tempat yang cahayanya kurang?
  • Gimana caranya biar foto ga banyak noise?

Kalo kamu udah paham sama setting kamera HP-mu, berarti kamu udah siap traveling pake kamera HP doang! 🙂

“Keunggulan iPhone yaitu bisa menghasilkan foto dengan detail yang bagus. Gunakan iPhone saat di tempat terang”
“Foto menggunakan iPhone (kiri) dan Android (kanan). Kamera iPhone terlalu memberikan foto secara real, sehingga sangat lemah di tempat yang gelap atau cahaya tak beraturan”

 

Gimana caranya biar dapet foto yang bagus?

Kamu harus paham apa yang ingin kamu foto. Setiap foto pasti menampilkan momen, dan terdapat objek unik yang biasanya manusia. Terkadang kamu butuh properti foto agar terlihat lebih kece.

Selain itu agar fotonya lebih maksimal, kamu juga harus paham tentang angle foto. Kamu bisa mencari referensi di Instagram ingin foto seperti apa. Saya sendiri lebih memilih foto bertema folk (seperti @folkscenery ), dan baru-baru ini mengangkat tema berpacaran (seperti @doyoutravel ). Kalo berfoto selfie pun saya gak suka. Banyak orang bilang kalo saya selfie itu aneh banget. Hahahaha.

“Foto ini hanya menggunakan iPhone, dengan fokus ke bola kristal”
[Baca juga : 10 Properti Yang Bisa Kamu Pakai Untuk Berfoto Selama Traveling]

 

Tips paham dengan angle foto? Sering-sering foto, dan cari spot foto baru yang kira-kira belum pernah ada sebelumnya. THINK UNIQUELY AND DO SAFELY. Banyak orang yang rela naik pohon atau turun ke kawah gunung cuma karena pengen dapet angle baru. Tapi selama kamu mengambil angle harus jaga keselamatanmu juga ya!

 

Setelah foto, habis itu fotonya diapain?

Kalo kamu suka foto yang natural tanpa di-edit pake filter, kamu tinggal upload fotomu di Instagram. Kecuali kalau saya pribadi ya, pasti saya edit dulu biar dapet warna yang berbeda dari foto asli, dan juga biar match sama foto yang sebelumnya saya upload.

“Foto ini hanya menggunakan kamera HP loh! Percaya?”
“Bahkan foto sunrise bisa seindah ini hanya menggunakan kamera HP!”
[Baca juga : Tutorial Photo Editing (Ep.1) – Gunakan Lightroom For Phone]

 

Proses editing foto saya sendiri juga kompleks. Satu foto bisa sampe di-edit 1-2 jam, dan kadang lebih! Saya harus bermain dengan warna, mencocokkannya dengan warna foto yang sebelumnya pernah saya upload di Instagram, dan bergonta-ganti aplikasi agar mendapatkan kombinasi warna yang sesuai. Di sinilah permainan warna dan efek foto terjadi. Selama saya edit foto, saya selalu berpikir gimana caranya biar foto saya tidak kalah bagusnya dengan kamera-kamera mahal.

***

Ribet kan? Kalo belum biasa memang agak ribet kok. Yang pasti, jangan terlalu fokus dengan foto-foto sampai kamu ga menikmati perjalananmu ya! 🙂

Ayo share pengalamanmu tentang foto-foto atau mungkin pertanyaan seputar fotografi di kolom komentar!

Comments

  1. Nasirullah Sitam

    Kalau saya nggak pakai ribet, mungkin karena nggak mikirn feed bagus/tidak di IG, dan lainnya mas. Tapi setiap orang punya keinginan berbeda, tapi kegigihan dalam mengambil gambar, mengedit, dan lainnya itu pasti menghasilkan sesuatu yang bisa membuat kita sendiri puas 🙂

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Iya mas, saya setuju dengan hal ini.
      Tapi percaya gak kalo foto-foto saya itu sebenernya ala kadarnya aja? Hahahaha.
      Karena saya ga pengen fokus ke dokumentasi aja, melainkan gimana menikmati perjalanan sendiri. 😀

  2. hendi

    gara-gara baca tips ini di twitter, terus nyoba2, terus follow IG nya terus difollback. aku termasuk orang yang asal upload foto di IG apalagi kalau sedang suntuk, ga pikir2 dulu biar senada dengan foto2 sebelumnya, intinya “belum tau caranya main ig lah” akhirnya kesasar ke blog ini juga dan infonya sangat bermanfaat…

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  3. Gallant

    Saya sekarang menggunakan instagram web kalau mau upload foto, jadi foto dari kamera saya pindah ke laptop, lalu masuk ke Photoshop (yang udah ada action-action filter vsco), klik action, biarkan action jalan, terus udah jadi deh.
    Tinggal dikecilin dimensinya biar enteng pas upload. Hehe~

    Tapi emang lagi seneng banget edit foto pake filter filter vsco sih, ala ala retro, vibrant pop gitu.

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  4. engra

    Hallo kak? salam kenal, aku engra, follower kakak di twitter dan ig. First time visit blog kakak, aku langsung pengen nanya, kenapa ya setiap foto yg aku edit pakai vsco/snapseed pas diupload ke ig jadi pecah gitu ya kk fotonya, padahal aku selalu save actual size. Btw aku juga foto dr kamera iphone, lebih tepatnya iphone 6+.
    Beda bgt dgn hasil foto kk di ig, adakah tips nya kak supaya hasil fotonya ga pecah ga blur setelah diedit pake apps photo editor. Terimakasih sebelumnya kak?

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Halo Engra, salam kenal juga ya. 🙂
      Mungkin ukuran foto yang kamu edit udah kecil, jadi begitu editing malah semakin pecah.
      Disarankan juga untuk selalu update aplikasi photo editing.

      Btw, kalo di iPhone kamu bisa cek ukuran foto di VSCO, saat kamu akan save foto kamu.

  5. Laurent

    Wah selama ini saya mengira kakak pakai kamera mahal seperti sony a7 atau yg lainnya. Terimakasih sudah berbagi tips,sangat membantu! Kalau boleh tutorial edit landsacpe dong sperti gunung2 di atas awan 😀

    1. Post
      Author
      Heri Andiyani

      Halo! Terima kasih sudah membaca blog saya. 😀
      Untuk foto landscape sebenernya sama aja kayak ngedit foto biasa, cuma kalo gunung fotonya harus terkesan misterius dan gentle.

  6. Farih

    Sampai sekarang masih pake iphone 5s??? Wihhh.

    Setuju banget tuh kalimat terakhir. ” jangan terlalu fokus dengan foto-foto sampai kamu ga menikmati perjalananmu”. Kadang foto jadi bikin lupa tujuan utama traveling itu apa.

    1. Post
      Author
  7. Farih

    Sampai sekarang masih pake iphone 5s??? Wihhh.

    Setuju banget tuh kalimat terakhir. ” jangan terlalu fokus dengan foto-foto sampai kamu ga menikmati perjalananmu”. Kadang foto jadi bikin lupa tujuan utama traveling itu apa.

    Fotonya bagus-bagus!

    1. Post
      Author
  8. Pingback: 8 Travel Blogger Indonesia Favorit Pilihan Heriand. Bisa Jadi Panutanmu Nih! - Heriand.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *