5 Aplikasi Edit Video di Smartphone Ala Kids Zaman Now

Yuk belajar ngedit video, ada sensasi tersendiri loh!

***

Belakangan ini, saya lebih menikmati edit video ketimbang edit foto. Bukannya mau beralih menjadi vlogger, tetapi ada challenge tersendiri saat meng-edit video. Saya bisa memotong (cut) durasi video dan memberikan sentuhan nada/beat yang tepat agar hasil videonya lebih sempurna. Di sisi lain, saya bisa belajar berkreasi lebih dalam lagi agar hasilnya lebih ciamik, memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan meng-edit foto.

Biasanya, video yang sudah saya buat kemudian saya upload di Instastory atau snapgram lainnya. Jawabannya sih simple saja, karena saya lebih menyukai edit video hanya beberapa detik ditambah dengan tulisan yang ala kadarnya. Yang saya butuhkan hanya kemudahan menggunakan aplikasi edit video, dan tidak ada pengurangan kualitas saat video disimpan.

Nah, berikut ini aplikasi yang biasa saya gunakan buat ngedit video.

P.S.: Karena saya menggunakan iPhone, jadi ada kemungkinan aplikasi-aplikasi di bawah ini tidak ada di Android.

[Baca juga : Aplikasi Penunjang Traveling Kamu]

 

1. Splice

Aplikasi yang dikembangkan Gopro Inc. ini sangat digemari oleh para video editor. Terbukti aplikasi ini bisa menghasilkan kualitas yang baik tanpa merusak kualitas video sebelum di-edit. Interface dari aplikasi ini juga sangat user-friendly. Fitur-fitur yang ada di Splice pun sangat sederhana, seperti Cut and Trim, Filter, Speed, Add Text, Motion (Ken Burns), Add Audio, dan Voice Recorder.

Keunggulan aplikasi Splice terletak pada Motion (Ken Burns) dan Add Audio. Pada Motion (Ken Burns), kamu bisa zoom-in dan zoom-out video yang kamu edit secara otomatis. Sedangkan Add Audio disediakan banyak musik, sound effects seperti suara kendaraan dan suara binatang, atau kamu bisa masukkan lagu-lagu dari iTunes kamu.

 

2. Quik

Aplikasi pentolan GoPro Inc. ini juga sangat digemari para video editor karena menyediakan beragam effect dengan hanya sekali sentuhan. Selain effect, aplikasi Quik juga bisa mendeteksi beat bahkan dari lagu yang kamu import dari iTunes! Beat ini akan digunakan sebagai perpindahan dari satu video ke video lainnya, mengikuti irama dari lagu yang kamu import. Menarik bukan?

Banyak lagu dan musik yang disediakan oleh aplikasi Quik. Selain itu, kamu juga bisa mengatur durasi dan filter dari video kamu. Well, aplikasi Quik sangat memberikan kemudahan meng-edit video.

 

3. InShot

Bosan dengan hasil video kamu karena warnanya terlalu mencolok? Nah, kamu harus unduh aplikasi yang satu ini! Fitur-fitur di aplikasi InShot seperti kamu ngedit foto. Disediakan beberapa fungsi seperti Lightness, Contrast, Warmth, Saturation, Fade, Highlights, Shadows, dan fungsi lainnya. Tidak lupa juga disediakan filter dan beberapa effect agar video kamu semakin kece.

Kamu juga bisa menambahkan musik dari aplikasi ini, tetapi saya kurang menyukai fitur ini karena kurang sempurna. Ada juga Add Stickers and Photos untuk video kamu, serta fitur-fitur lainnya yang bisa bikin kreativitas kamu semakin meningkat.

Salah satu yang suka bikin saya risih yaitu advertisement atau iklan yang suka muncul setelah video disimpan. Di beberapa iklan game memaksa agar kita harus memainkan permainannya. Berhubung saya sukanya yang gratisan, jadi ya gapapa lah namanya juga aplikasi gratis. Hahahaha.

 

[Baca juga : Tutorial Photo Editing (Ep.1) – Gunakan Lightroom For Phone]

 

4. Flipagram

Kalo kamu pengen ngedit video yang lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi Flipagram. Praktis dalam artian kamu gak perlu ribet geser-geser untuk memotong (cut) musik, serta memberi effect yang lucu buat video kamu.

Terdapat fungsi Vibes untuk memberikan efek sesuai beat lagu, Filters untuk mengubah tone video, dan Speed untuk mengatur kecepatan perpindahan foto kamu yang akan dijadikan video. Flipagram juga menyediakan Music yang terhubung dengan Spotify, serta Draw untuk memberikan stiker-stiker lucu beserta effect-nya yang berbeda dari aplikasi lain.

 

5. VidLab

Ingin memberi animasi salju atau hujan buat video kamu? Kamu bisa gunakan VidLab dengan beragam fitur di dalamnya.

Beberapa fitur unggulan di aplikasi VidLab seperti Video Effects untuk memberi animasi hujan, salju, vintage, atau animasi lainnya, serta beragam Filters untuk mengubah tone video kamu. Ada juga fitur Artwork untuk memberi stiker di video kamu, serta fitur Adjustments untuk mengubah warna video secara manual. VidLab juga menyediakan Video Collage untuk menggabungkan 2 atau lebih video-video yang kamu punya, atau membuat Slideshow dari foto-foto yang kamu.

Sayangnya, kamu harus membayar sekitar Rp 89.000,- untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Well, kebanyakan efek video yang bagus-bagus dicap sebagai Premium.

***

Jadi, kamu sudah download aplikasi-aplikasi di atas?

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *