Dilema Instagram : Like-ku Turun, Maka Aku Harus Berhenti Memainkan Instagram

Pada ngerasain gak kalo setiap kamu posting Instagram, like-mu ga sebanyak dulu?

This post is dedicated to my friend Doni – thanks for making me conscious!

Banyak dari pengguna Instagram menyerukan berkurangnya likers setelah mereka posting foto, terutama para “selebgram” yang mungkin sekali foto bisa sampe ribuan likers. Hal ini bisa berakibat berkurangnya minat menggunakan Instagram lagi, sampai-sampai ada yang ingin deactivate akunnya lho!

Nah, dari pandangan yang saya lihat, kebanyakan mereka yang berhenti memainkan Instagram yaitu :

  1. Bosan
  2. Terlalu sibuk sehingga akun Instagram tidak terurus
  3. Like semakin berkurang
  4. Instagram menjadi komersil

 

Well, saya akui Instagram memang gak seperti dulu. Semenjak Instagram di bawah naungan FaceBook, banyak fitur baru hasil pengembangan perusahaan tersebut seperti Instastory, Post Promotion, Advertisement, Boomerang, Analytics and Insights, dan Live Video. Justru ini yang membuat Instagram menjadi lebih menarik dengan menggunakan fitur-fitur yang mereka buat.

Kalo mereka berinovasi dengan fitur-fitur baru mereka, kenapa kita juga gak berinovasi?

Okelah kalo followers kamu banyak sampe ratusan ribu, like kamu jutaan, tapi kalo kamu posting yang itu-itu saja ya orang-orang bakalan bosan dan segan untuk nge-like foto kamu. Give your followers loyalty by giving something new.

“Berikan teman Instagram-mu yang terbaik, agar kamu tetap dapat diingat terutama saat traveling bersama mereka”
[Baca juga : Tips Mendapatkan Teman Traveling Di Instagram]

 

Intinya, kamu gak boleh menyalahkan Instagram karena like-mu yang semakin berkurang gara-gara algoritma Instagram berubah, tapi gimana cara kamu mempresentasikan apa yang kamu post menjadi berbeda dan lebih menarik dari postingan kamu sebelumnya. Di sinilah sisi attractiveness dan challenging kamu diuji coba.

Apa kamu pernah berpikir kalo Instagram ga ada inovasi, bakalan lebih membosankan?

Untuk yang berduit ya paling gampang beli followers atau like. Cuma kalo menurut saya ga ada sisi challenging-nya. Mending duitnya buat saya, modal buat traveling. Hahahaha.

 

Apa yang menyebabkan like saya turun?

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, para pengguna Instagram bisa jadi bosan melihat feed kamu yang itu-itu saja. Ada juga kemungkinan tempat yang kamu kunjungi ga ngehits lagi, dalam artian sudah ramai oleh wisatawan.

 

Pahami istilah baru di Instagram.

Instagram mempunyai fitur Instagram Analytics agar kamu bisa menganalisa profile, Instastory, dan postingan kamu. Salah satunya mengecek seberapa sering profile dan postingan kamu dilihat. Keren kan?

Fitur ini hanya bisa dinikmati untuk Business Profile. Beberapa istilah yang akan kamu dapatkan :

  • Saved – Total akun yang menyimpan postingan kamu.
  • Impressions – Berapa banyak akun yang melihat postingan kamu.
  • Reach – Berapa banyak akun unik yang melihat postingan kamu. Misalnya akun A melihat postingan kamu sebanyak 4 kali, maka di Reach hanya dihitung 1 (yaitu akun A sendiri).
  • Engagement – Jumlah likes, komentar, dan Saved.
“Memahami tentang Instagram sangat penting agar kamu dapat terus berkarya”
[Baca juga : Aplikasi Penunjang Traveling Kamu]

 

Gimana cara mengecek Engagement akun saya?

Engagement sangat penting agar like kamu banyak. Kamu bisa mengecek seberapa besar engagement pada profile kamu di : http://influence.hypetap.com/

 

Gimana caranya biar like saya naik lagi?

Targetkan postingan kamu ke halaman Explore. Engagement tinggi mempunyai probabilitas yang besar untuk masuk ke halaman Explore, sehingga kamu akan mendapatkan banyak likers. Lalu, apa yang harus di-post?

Postingan kamu harus unik, berbeda dari postingan kamu sebelumnya, juga berbeda dari akun lainnya. Masing-masing orang punya tema tersendiri, jadi kamu harus memikirkan feed apa yang sesuai denganmu; selain apa yang biasa kamu posting.

Kalo kamu biasa posting minimalis (objek orang terlihat kecil) dan menghadap ke belakang, maka kamu harus mencoba posting close-up. Selain itu, kamu juga bisa memainkan angle lain saat kamu sedang berfoto. Atau kamu bisa mencoba-coba melakukan editing foto dengan tone yang berbeda. Yaa, intinya banyak cara agar like kamu bisa naik lagi dengan melakukan hal yang berbeda.

 

So, are you ready to do #REPUTATION ?

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Nasirullah Sitam

    Untuk selebgram tentu hal-hal seperti ini dipelajari lebih detail. Untuk orang yang hanya sesekai mengunggah seperti saya, mungkin belum terpikirkan untuk mengoptimalkan IG hehehehhe.
    Tapi tidak ada salahnya kalau sesekali motret dengan sudut yang berbeda, dan tidak monoton 😀

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *