Tutorial Photo Editing (Ep.1) – Gunakan Lightroom For Phone

Ingin fotomu menjadi lebih hidup atau lebih Instagram-able?

Well, artikel ini sebenarnya jauh dari topik traveling yang biasa saya buat. Saat bertemu dengan sesama pengguna Instagram, banyak yang bertanya ke saya tentang cara meng-edit foto dan pake aplikasi apa. Nah, salah satu aplikasi yang selalu saya gunakan yaitu Lightroom.

Lightroom merupakan aplikasi terfavorit saya untuk meng-edit foto. Aplikasi ini bisa menghasilkan foto dengan resolusi tinggi dan kualitas yang bagus. Bagi pemula mungkin akan kesulitan menggunakan Lightroom karena fungsi-fungsi di dalamnya yang cukup kompleks. Tetapi jika kamu sudah paham betul dengan setiap fungsinya, maka kamu adalah seorang photo editor sejati. Hahahahaha.

Spesifikasi Lightroom yang saya gunakan untuk tutorial ini yaitu :

  • Adobe Photoshop Lightroom for iPhone – Version 2.8.1
  • iPhone 5S

Di artikel ini saya akan membahas tentang modul-modul di Lightroom. Untuk cara meng-edit foto sebenarnya selera dari masing-masing pengguna, tetapi akan saya bahas di artikel selanjutnya. 🙂

 

1. Light

Light selalu saya gunakan untuk menerangkan atau menggelapkan foto. Ada beberapa fungsi yang bisa kamu terapkan, seperti Exposure, Contrast, Highlights, Shadows, Whites, dan Blacks. Sebenarnya modul Light ini juga sudah ada di aplikasi photo editing lain, kelebihannya yaitu Lightroom bisa menciptakan kualitas foto yang bagus dan foto yang kamu edit tidak pecah/noise.

Ada satu fungsi lagi di dalam modul Light, yaitu Curve. Kalo kamu lagi males menggeser fungsi-fungsi secara manual, kamu bisa mencoba Curve dengan menggeser line (garis) ke arah-arah yang menurut kamu cocok dengan fotomu. Tersedia warna RGB, Red, Green, Blue, dan Black/White untuk line-nya.

 

2. Color

Nah, kalo ini modul yang paling saya suka di Lightroom. Modul ini bisa kamu gunakan untuk menentukan cerah atau tidaknya warna fotomu. Terdapat fungsi Temperature, Tint, Vibrance, dan Saturation.

Salah satu fungsi unggul dari Lightroom ini yaitu fungsi Mix. Disini kamu bisa mengganti warna-warna tertentu di fotomu menjadi lebih cerah/gelap atau memainkan saturasinya. Biasanya kalo dari Instagram warna daun hijau diubah menjadi kuning kecoklatan, dan ini bisa kamu terapkan dari fungsi Mix.

 

3. Effects

Modul Effects juga sering saya gunakan untuk mengganti warna menjadi lebih beragam. Untuk ketajaman foto, kamu bisa menggunakan fungsi Clarity dan Dehaze. Fungsi Vignette Amount digunakan untuk menggelapkan/menerangkan fotomu agar menjadi lebih fokus atau tidak.

Untuk mengganti warna yang lebih beragam, kamu bisa menggunakan fungsi Split Tone untuk mengganti Highlights dan Shadows-nya. Kalo foto yang ingin kamu edit itu ada unsur matahari, maka kamu bisa menggunakan fungsi ini agar fotomu lebih hidup dan beragam warna.

 

4. Detail

Lightroom benar-benar memberikan solusi bagi penggunanya saat fotomu blur. Jika kamu kurang menyukai fungsi Clarity di modul Effects karena terlalu tajam, maka kamu bisa menggunakan modul Detail agar blur di fotomu dapat dikurangi. Terdapat fungsi Sharpening, Radius, Detail, Masking, dan Noise Reduction.

 

5. Optics

Modul Optics digunakan saat fotomu di-shoot terlalu jauh dan kamu ingin terlihat fotomu lebih dekat. Terdapat fungsi Enable Lens Correction untuk mencembungkan atau mencekungkan fotomu.

 

6. Selective

Ini juga salah satu fungsi unggul yang ada di Lightroom. Kamu bisa menciptakan cahaya buatan dari sisi manapun dan dengan warna apapun. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kontras, warna, serta terang/gelapnya dari sisi yang kamu inginkan.

Beberapa fungsi hampir sama seperti kamu meng-edit foto di Lightroom. Kamu harus menentukan sisi/gradasi terlebih dahulu, baru kamu bisa meng-edit sisi tersebut.

Ada bentuk oval, segiempat, dan free-form sesuai kebutuhan kamu. Setelah itu, kamu bisa menggeser kontras, warna, dan cahaya sesuai kebutuhanmu.

 

7. Crop & Presets

Crop memungkinkan penggunanya memotong foto, sedangkan Presets merupakan filter yang telah tersedia oleh Lightroom. Saya jarang menggunakan fungsi Presets karena filter yang kurang sesuai dengan foto-foto saya.

 

Gimana? Tertarik mencoba aplikasi Lightroom untuk photo editing kamu? 🙂

Comments

  1. Rifan albar

    Luar biasa, bisa menambah wawasan sya untk editing photos agar lebih menarik sekalipun jepretan by phone. Jadi tau cara menggunakn fungsi mix juga…

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *