Mencoba Solo Traveling Untuk Pengalaman Berbeda

Kalo kamu udah sering traveling bersama teman-temanmu, tidak ada salahnya mencoba solo traveling atau traveling sendirian.

Traveling sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, menikmati destinasi yang sudah lama ingin kamu kunjungi, atau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu. Traveling juga ada beberapa jenis, seperti open trip, private trip, share-cost trip, backpacking, atau solo traveling. Di artikel ini saya akan membahas tentang solo traveling.

Solo traveling disini maksudnya tidak benar-benar traveling sendirian, dimana kamu bakalan pergi sendirian, makan sendirian, tidur sendirian, atau berfoto sendirian. Tidak seperti itu. Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk yang selalu ingin berinteraksi. ‘Solo’ disini maksudnya kamu akan mengatur semua keperluan traveling agar perjalanan kamu bisa lancar.

Mungkin yang ada di benak kamu bagaimana caranya agar menjadi seorang solo traveler. Saat kamu ingin menjadi solo traveler, kamu akan langsung berpikir :

  • Apakah tempat wisata yang ingin saya kunjungi aman?
  • Bagaimana penduduk disana? Apakah ramah dan mau menerima saya?
  • Apakah transportasi disana gampang?

 

Tentu saja semua pertanyaan akan terjawab begitu kamu langsung ke tempat wisata. Yang harus kamu punya dari awal sebelum melakukan traveling yaitu NIAT dan RENCANA YANG MATANG. Percayalah, penduduk lokal sangat ramah dan pasti membantu kamu di saat kamu sedang kesulitan.

“Perjalanan menuju pantai”

Saat kamu bersama teman-temanmu akan melakukan traveling, kamu akan melalui proses perencanaan yang cukup sulit dan harus matang. Kamu akan memikirkan tentang mudah/sulitnya jalan ke destinasi wisata, transportasi, kondisi lingkungan perjalanan, keamanan, sampai segi finansial. Begitu juga dengan solo traveling. Yang berbeda yaitu kamu akan mengatur semuanya untuk diri kamu sendiri.

Solo traveling kamu tidak akan sukses jika kamu tidak sepenuhnya berniat melakukan ‘solo’. Kamu harus menyemangati dirimu dan percaya diri bahwa kamu dapat melakukannya. Begitu juga dengan perencanaan. Rencana yang kurang matang akan menyebabkan perjalananmu kurang lengkap dan memuaskan.

Lalu, apa kelebihan solo traveling? Kamu akan lebih pintar dalam hal mengatur sesuatu. Di sisi lain, kamu dituntut untuk mandiri dan cepat beradaptasi, serta kemampuan berinteraksimu diuji coba. Pengalaman yang kamu dapatkan juga akan lebih berharga dibandingkan jenis-jenis traveling lainnya yang sudah saya sebutkan di atas.

Di zaman teknologi sudah canggih seperti sekarang, kamu bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Kamu harus mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi yang ingin kamu tuju sebelum melakukan solo traveling. Kalau saya sendiri, saya juga akan mencari penginapan dan penduduk lokal yang informatif dan siap mengantarkan saya.

“Broken Beach, Nusa Penida”
[Baca juga : Tips Mendapatkan Teman Traveling Di Instagram]

 

Terkait dengan solo traveling, saya pernah melakukannya saat perjalanan ke Tulungagung dan Bali. Well, Bali memang sangat gampang bagi penduduk berkewarganegaraan Indonesia untuk traveling karena destinasi impian oleh seluruh dunia sehingga informasi tentang Bali harus selengkap mungkin. Sedangkan Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang informasinya tidak selengkap seperti di Bali. Saya sempat mengalami setengah niat dikarenakan informasi wisata yang saya dapatkan kurang lengkap sedangkan saya sudah harus berangkat keesokan harinya. Beruntunglah ada penduduk lokal, yang sebelumnya sudah saya kontak, siap membantu saya selama menjadi wisatawan di Tulungagung.

“Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung”
[Baca juga : Mlaku-Mlaku Nang Tulungagung – Explore Pantai Ikonik Di Tulungagung]

 

Sebagai penutup, mencoba sesuatu yang baru itu butuh perjuangan dan pemelajaran yang tepat. Solo traveling itu sangat adiktif dan patut kamu coba. Kamu juga harus percaya bahwa get lost in paradise itu sangat menyenangkan. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *