Aplikasi Penunjang Traveling Kamu

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin memudahkan para penggunanya untuk melakukan traveling. Lantas, aplikasi apa yang harus kamu punya untuk menunjang traveling kamu?

Sebelum zaman belum secanggih seperti sekarang ini, saya kesulitan mencari informasi seputar traveling. Sulitnya mencari trip yang tepat sesuai dengan kantong, informasi wisata yang kurang akurat, hotel yang kurang terpercaya, menjadi hambatan saya sebelum melakukan perjalanan. Pasalnya, belum banyak orang yang membagikan pengalamannya dengan cara yang tepat, sehingga suatu informasi terkesan kurang akurat dan sebatas menarik perhatian saja.

Dengan semakin majunya teknologi, informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah. Akurasi informasi semakin hari semakin tepat, sehingga para traveler dapat dengan mudah melanglang buana. Kamu bisa booking hotel dengan cepat dan murah, kamu bisa berkenalan dengan traveler lain melalui media sosial, kamu juga bisa mengetahui cerita perjalanan serta kondisi suatu objek wisata, dan masih banyak lagi.

“Suatu informasi dikatakan akurat jika berdasarkan fakta dari pengalaman beberapa penyebar informasi. Kemudahan mendapatkan informasi merupakan faktor utama penunjang seorang traveler.”

Nah, kali ini saya akan membagikan tips aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan selama kamu traveling serta penggunaannya dengan tepat.

 

1. Google Maps

“Google Maps”

Menurut saya, peta online ini amat sangat berguna untuk bisa menunjang traveling kamu, dan kamu wajib memilikinya. Belakangan ini, perusahaan Google semakin akurat dalam hal mendeteksi tempat-tempat wisata di seluruh dunia. Google Maps juga tidak tanggung-tanggung membagikan informasi seputar destinasi wisata kita.

Saya selalu menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan ke destinasi wisata, mencari arah yang tepat agar tidak tersesat, pengukur jarak dan estimasi ke objek wisata, mengecek traffic sampai seberapa jauh, dan mengecek tempat-tempat sekitar destinasi wisata. Istilahnya, Google Maps sudah menjadi pedoman saya selama saya traveling.

 

2. Instagram

“Kok tempatnya beda dari yang di foto?”

“Kok wisatanya rame banget, kalo di foto malah sepi gak ada orang.”

Kamu pernah ngerasain kayak gini? Selamat! Kamu tercyduk!

Semakin majunya teknologi, maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa memanipulasi foto-foto objek wisata. Ya, apalagi kalo bukan aplikasi editing foto. Mulai dari filter foto yang lebay, sampai tempat yang rame bisa jadi sepi (atau bahkan ga ada orang) karena hasil memanipulasi foto. Lalu, gimana cara mengurangi risiko tertipu dengan menggunakan Instagram?

Gunakan hashtag (#) sebagai pencari informasi. Normalnya, pengguna Instagram akan menggunakan hashtag agar posting-an mereka punya banyak likers. Kamu bisa menggunakan hashtag untuk mencari seperti apa keadaan objek wisata yang sebenarnya. Pencarian hashtag ada di menu Explore – Search – Tags.

Misalnya, kamu ingin mengunjungi Tebing Koja di Banten. Maka kamu bisa menggunakan hashtag #tebingkoja #tebingkojabanten di pencarian.

“Pencarian Instagram menggunakan hashtag #tebingkoja”

Atau kalo kamu ingin ke Handara Golf & Resort di Bali, maka kamu bisa menggunakan hashtag #balihandara #balihandaragolfandresort #handara #handarabali .

“Pencarian Instagram menggunakan hashtag #balihandara”
[Baca juga : Tips mendapatkan teman traveling di Instagram]

 

3. Reservasi Tiket & Hotel

“Aplikasi Traveloka”

Tanpa harus mengunjungi gerai travel agent atau langsung mengunjungi hotel, kamu bisa melakukan reservasi tiket pesawat, tiket kereta api, atau hotel secara online. Kelebihannya tentu saja kamu bisa membandingkan harga di setiap situs sesuai kantong kamu, apalagi setiap situs sering memberi diskon saat kamu membeli tiket atau reservasi hotel.

Selain harga, saya juga melihat cara pembayaran di setiap situs : apakah diberi kemudahan membayar dan ketersediaan bank yang ada di situs tersebut. Untuk hotel biasanya saya lebih memilih booking via online dan bayar langsung di tempat agar bisa melihat keadaan kamar hotel terlebih dahulu.

Untuk reservasi tiket pesawat, kamu bisa mengunjungi situs-situs berikut sesuai selera kamu : Traveloka.com, Tiket.com, Pegipegi.com, Tokopedia.com, atau langsung mengunjungi situs maskapai penerbangan sendiri. Terkadang situs maskapai penerbangan punya diskon tersendiri secara besar-besaran.

Untuk revervasi tiket kereta api, kamu bisa mengunjungi situs resmi PT. KAI : https://tiket.kereta-api.co.id/

Sedangkan untuk reservasi hotel, kamu bisa mengunjungi : Pegipegi.com, Traveloka.com, Agoda.com, TripAdvisor.co.id, Booking.com, Tiket.com, Airyrooms.com

Saya pribadi lebih suka menggunakan Traveloka.com untuk reservasi tiket pesawat, sedangkan Pegipegi.com untuk reservasi hotel.

“Aplikasi Pegipegi”

“Zaman sekarang semuanya serba online. Kekuatan e-commerce semakin meningkat akibat kebutuhan konsumen yang ingin serba praktis. Kamu bisa melakukan apapun tanpa harus tatap muka dengan menggunakan mesin pencarian agar dapat meningkatkan kinerja atau memudahkan perjalanan kamu.”

 

4. Go-Jek, Grab, Uber

“Aplikasi Go-Jek”

Selain reservasi tiket dan hotel, kamu juga pasti membutuhkan transportasi agar lebih mudah sampai ke lokasi tujuan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Go-Jek, Grab, atau Uber, tergantung ketersediaan perusahaan e-commerce ini di kota yang sedang kamu kunjungi. Saya pribadi lebih mengutamakan Go-Jek karena ketersediaannya lebih banyak di berbagai kota. Oh ya, jangan lupa untuk mengisi saldo Go-Pay atau Grab-Pay agar perjalanan kamu lebih murah.

 

5. Zomato

Ada saatnya kamu ingin mencicipi makanan khas di kota yang sedang kamu kunjungi. Aplikasi Zomato menyediakan informasi restoran terdekat di sekitar kamu. Jangan lupa juga kamu harus membaca review pada restoran yang akan kamu kunjungi.

“Aplikasi Zomato”

Gimana? Udah siap traveling menggunakan aplikasi di atas? 🙂

Comments

  1. Ubay

    Betul sekali. Traveling saat ini lebih mudah dan kekinian bgt. Jadi sendiri pun bisa kemana-mana.

    Salam kenal mas.
    Yuk singgah ke kidalnarsis.blogspot.co.id

    1. Post
      Author
  2. Pingback: Ada Keceriaan Di Pangalengan – Heriand.com

  3. Pingback: Dilema Instagram : Like-ku Turun, Maka Aku Harus Berhenti Memainkan Instagram - Heriand.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *