4 Fakta Menarik Tentang Kebumen Yang Harus Kamu Tahu

Kalo kamu ingin explore Pulau Jawa yang deket ke mana-mana, maka Kebumen lah jawabannya! Tapi kamu harus tahu fakta tentang Kebumen dulu.

Satu lagi kota yang bikin saya susah move on, entah itu karena objek wisatanya yang bagus-bagus, atau pengalaman berkesan yang diberikan selama saya berada di kotanya. Yak, Kebumen memang memberikan kesan terbaik selama saya berada di kota ini. Banyak tempat wisata yang ingin saya kunjungi kembali di Kebumen, konon katanya Kebumen sudah lebih maju dari sebelum saya kunjungi beberapa tahun silam.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Letaknya yang cukup dekat dengan Yogyakarta membuat Kebumen juga sering dikunjungi para wisatawan untuk berlibur. Selama saya di Kebumen, para wisatawan lebih banyak menikmati liburannya di pantai. Beberapa wisatawan juga mengunjungi wisata goa dan benteng di kota ini.

Nah, kali ini saya akan membahas beberapa fakta menarik tentang Kebumen. Check this out!

 

1. Kebumen Panas

“Jalan menuju pantai”

Satu komentar begitu saya pertama kali tiba di kota Kebumen : wah… Kebumen panas ya, kayak di pantai. Sebenarnya ini hal yang wajar kenapa Kebumen terasa begitu terik. Kota ini berada dekat dengan pesisir pantai dan sebagian besar daerah merupakan dataran rendah, sehingga banyak penduduk Kebumen yang berprofesi sebagai petani atau nelayan.

 

 

2. Penduduk Kebumen Baik Hati

Ini yang paling saya demen di Kebumen. Penduduk Kebumen begitu baik hati dan sangat friendly. Mereka sangat antusias kepada wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Kejadian yang paling saya ingat yaitu saat saya makan malam sebelum saya kembali ke Jakarta. Sambil membawa ransel gede, saya membayar makanan tersebut dan pedagangnya menanyakan saya berasal dari mana, udah kemana aja selama di Kebumen, kemudian ia berjabat tangan dengan saya sambil bilang, “Selamat jalan mas! Semoga nanti bisa mengunjungi Kebumen lagi”.

 

3. Bikin Nyaman

“Menikmati seafood di Pantai Menganti”

Standar nyaman bagi setiap orang kan beda-beda. Nah, kalo menurut saya itu kota Kebumen bikin nyaman karena masih murah-murah. Hahahahaha. Selama saya di Kebumen, tidak ada sama sekali yang namanya “turis harganya dimahalin”. Mungkin ini juga merupakan strategi agar semakin banyak wisatawan yang mau datang ke Kebumen.

Satu lagi, makanan di Kebumen enak-enak. Yang paling saya suka yaitu menikmati seafood di Pantai Menganti.

 

4. Kota Yang Tepat Untuk Di-Explore

Nah, kalo ini memang wajib dilakuin di Kebumen. Banyak tempat wisata Kebumen yang belum ter-expose oleh media. Ada pantai, gunung, goa, hingga benteng Van der Wijck yang melegenda.

Kali ini saya juga akan membahas beberapa tempat wisata di Kebumen yang pernah saya kunjungi.

 

Pantai Lampon

“Pantai Lampon”

Terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah, Pantai Lampon merupakan pantai tersembunyi yang ada di Kebumen. Pantai ini biasanya digunakan warga sekitar untuk memancing. Kamu diharuskan untuk trekking selama sekitar 20 menit menuruni bukit, karena memang lokasi Pantai Lampon berada di bawah tebing.

 

Pantai Karang Pengantin

“Pantai Karang Pengantin – view dari atas”

Masih di Desa Pasir Kecamatan Ayah, Pantai Karang Pengantin terletak di ujung desa. Akses ke pantai ini masih sulit, kamu harus trekking selama 40 menit menuruni tebing. Pantai ini juga banyak digunakan warga untuk memancing. Konon dinamakan Karang Pengantin karena jika ada sepasang kekasih yang akan menikah, maka pernikahan mereka akan gagal.

 

Pantai Gebyuran

“Pantai Gebyuran”

Berlokasi dekat dengan Pantai Karang Pengantin (well, sebenernya gak deket-deket banget), Pantai Gebyuran merupakan pantai eksotis yang ada di Kebumen. Kamu harus trekking selama 20 menit karena pantai ini berlokasi di bawah tebing. Jika kamu beruntung, maka kamu bisa menemukan stalaktit yang aktif meneteskan air.

 

Pantai Surumanis

“Pantai Surumanis”

Nah, kalo ini pantai favorit saya selama di Kebumen. Masih di Desa Pasir Kecamatan Ayah, letaknya benar-benar tersembunyi dan kamu harus trekking selama sekitar 1 jam. Tekstur pasir di pantai ini halus, dengan deburan ombak yang cukup besar. Kamu juga bisa menemukan “air terjun mini” yang airnya turun dari sungai di atas tebing.

“Air terjun mini di Pantai Surumanis”

 

Pantai Menganti

“Pantai Menganti”

Pantai Menganti merupakan pantai yang paling ramai di antara pantai-pantai Kebumen lainnya. Di pantai ini, kamu bisa menemukan banyak pedagang karena memang digunakan untuk wisata keluarga. Batu-batu khas di sekitar pantai membuat Pantai Menganti ini semakin khas akan keeksotisannya.

 

Air Terjun Silancur

Air Terjun ini terletak di Wadasmalang, cukup jauh dari kota Kebumen. Air Terjun Silancur benar-benar masih alami, begitu juga dengan trekking-nya. Saya mengalami kesulitan menuruni bukit saat menuju air terjun, terlebih lagi pada saat itu habis turun hujan. Akan tetapi, Air Terjun Silancur mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu airnya yang menyebar menutupi bebatuan.

“Air Terjun Silancur”

 

Itulah 4 fakta menarik tentang Kebumen. Jadi, kapan kamu ke Kebumen? 🙂

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *